4 Tips Bersihkan Wajah dengan Baik dan Benar

Avatar of PortalMadura.Com
4 Tips Bersihkan Wajah dengan Baik dan Benar
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kita sadari bahwa setiap wanita tidak bisa lepas dari yang namanya make up walaupun hanya pemakaian bedak yang sederhana. Bila Anda hobi menggunakan make up, tentu harus rajin juga membersihkannya. Anda tidak mau bukan kulit menjadi rusak hanya karena tidak membersihkan wajah. Ketahuilah, tidur tanpa membersihkan make up bisa membuat kulit wajah Anda kering, berjerawat, bahkan bisa muncul kerutan.

Sempatkan waktu Anda sebentar. menghapus make up tidak butuh waktu lama, hanya beberapa menit saja kok. Namun perlu diperhatikan, membersihkan make up juga harus dilakukan dengan baik dan benar agar kulit Anda bisa bernapas dengan baik. Berikut tips membersihkan wajah yang baik dan benar untuk Anda.

1. Bersihkan Makeup dengan Cleanser

Anda harus memilki daily cleanser yang cukup kuat untuk membersihkan BB cream, foundation, concealer, bahkan blush yang Anda pulaskan di wajah.

Menurut Maria Verel, celebrity make up artist, hal pertama yang perlu dilakukan adalah massage wajah Anda dengan cleanser dan diamkan selama 15 detik. Jangan lupa bagian di bawah dagu dan sekitar telinga.

Kemudian, bersihkan dengan katun basah, sehingga Anda bisa melihat riasan wajahmu menghilang. Bila Anda memakai foundation dengan waktu yang lama, Anda bisa menggunakan make up remover terlebih dahulu.

2. Steam Heat

Anda juga bisa nge-steam wajah Anda sebelum mencuci wajah. Uap panas akan melonggarkan pori-pori wajah Anda dan memudahkan cleanser menembus kulit lebih dalam untuk membersihkan kulit wajah.

Isi wastafel atau mangkuk dengan air panas, dan biarkan uapnya tertiup ke wajah Anda.

Cara ini mungkin akan membutuhkan waktu ekstra, namun memiliki efek yang sangat baik. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes lavender essential oil agar lebih nyaman. Tetap hati-hati saat menggunakan air panas, ya.

3. Makeup Remover Berbahan Dasar Minyak

Pemakaian mascara dan eyeliner merupakan salah satu eye make up yang susah buat dibersihkan. Perlu diperhatikan, jangan pernah mencoba buat menggosok kulit di sekitar mata, karena kulit di sekitar mata sangat sensitif.

Anda bisa menggunakan make up remover yang berbahan dasar minyak. Setelah menuangkan make up remover ke kapas, tutup mata Anda dan tempelkan kapas di atas lipatan mata dan bulu mata dengan lembut sekitar 10 detik sebelum diseka.

Penggunaan make up remover berbahan dasar minyak juga perlu untuk membersihkan lipstick long-wearing atau intensely-pigmented yang susah dihapus.

4. Hindari Baby Wipes

Baby wipes ternyata tidak bisa membersihkan make up secara tuntas lho. Tisu bayi memang aman untuk kulit, tetapi belum tentu make up di wajah Anda terangkat, dan mungkin masih menyisahkan kotoran di wajah. So, gunakanlah cleanser atau make up remover saja untuk membersihkan wajah Anda.

“Aku merasa ngeri saat melihat cewek memakai baby wipes (tisu bayi) untuk menghilangkan make up mereka. Mereka tidak menyelesaikannya dengan baik, dan ketika aku memberi tahu cewek ini, mereka berkata, ‘tapi kulit bayi sangat sensitif, ini pasti bagus untuk wajahku.' Masalahnya, kulit bayi tidak seperti make up yang membutuhkan bahan khusus untuk pengangkatan yang tepat,” kata Laura Mercier, pemilik Laura Mercier Cosmetics.

Bila jenis kulit Anda berminyak, Mungkin Anda harus mencuci wajah lagi di pagi hari. Namun, bila tipe kulit Anda kering, Anda tidak perlu mencucinya lagi di pagi hari. Anda bisa memakai moisturizer untuk melembapkan kulit wajah Anda.

Apapun jenis kulit Anda yang terpenting adalah Anda harus tetap rajin membersihkan wajah dan melakukannya dengan baik dan benar.(gadis.co.id/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.