4 Trik Kasih Angpau Lebaran Tanpa Bikin Kantong Kering

Avatar of PortalMadura.com
4-Trik-Kasih-Angpau-Lebaran-Tanpa-Bikin-Kantong-Kering
Ilustrasi (blog.roomme.id)

PortalMadura.Com – Lebaran atau Idul Fitri tidak terasa sudah tinggal beberapa hari lagi. Bagi para buruh atau pekerja kantoran biasanya selain menerima gaji juga mendapat Tunjangan Hari Raya (THR).

Melihat uang yang lumayan cukup banyak biasanya setiap orang tidak tahan untuk langsung membelanjakan berbagai pernak-pernik atau busana lebaran. Eits, tunggu dulu, jangan dulu dihabiskan ya, setidaknya Anda menyisihkan untuk .

Karena, dalam nuansa lebaran pasti ada istilah salam tempel atau memberikan entah itu pada kerabat sendiri maupun tetangga yang lain. Dan ini sudah menjadi tradisi bersama di kalangan masyarakat umum.

Nah biar THR Anda tidak cepat habis alias tekor buat angpau lebaran, yuk simak 4 tips berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (4/5/2021) dari laman Idntimes.com:

Hitung Dulu Berapa Uang yang Akan Anda Keluarkan untuk Angpau atau Salam Tempel

Sebelum membagikan salam tempel atau angpau, Anda bisa menghitung dulu THR yang Anda dapatkan. Bisa saja karena Anda baru bekerja 6 bulan, maka yang THR yang Anda dapatkan adalah setengah dari gaji bulanan Anda.

Coba alokasikan THR Anda untuk pos anggaran yang lebih penting dulu, seperti membayar zakat fitrah, utang atau cicilan dan keperluan lainnya. Setelah itu baru Anda sisihkan THR Anda untuk angpau atau salam tempel.

Tukar Uang dengan Pecahan Kecil di Bank Saja!

Jelang lebaran biasanya banyak yang menyediakan jasa penukaran uang pecahan kecil seperti Rp10 ribu, Rp20 ribu, Rp50 ribu hingga Rp75 ribu. Tentu ada biaya yang harus Anda keluarkan dengan menukar uang pada orang yang menyediakan jasa tukar uang tersebut.

Misal Anda menukar uang Rp1 juta dengan pecahan uang kecil Rp20 ribu, tentu Anda tidak serta merta mengeluarkan Rp1 juta tapi lebih, tergantung kesepakatan dengan penjual.

Tapi Anda bisa lebih hemat dan tidak perlu mengeluarkan biaya penukaran uang dengan menukarkan uang langsung di mitra Bank Indonesia yang dimulai sejak 12 April hingga 11 Mei 2021 dari pukul 09.00-14.00.

Bedakan Memberi Antara Tetangga dan Saudara

Perlu Anda perhatikan untuk tidak memberi uang kepada tetangga lebih banyak dari saudara atau keluarga Anda yang masih kecil. Kecuali Anda punya hubungan khusus atau tetangga Anda sering membantu Anda.

Nominal untuk tetangga bisa Anda anggarkan sekitar Rp5.000 atau Rp6.000 dalam bentuk lembar Rp2.000. Ingat, tidak semua tetangga atau anak tetangga harus Anda kasih, cukup yang Anda kenal atau berada dekat dari rumah Anda saja.

Sementara untuk keluarga atau saudara, Anda bisa memberinya lebih. Jangan lupa perhatikan mana yang kiranya lebih membutuhkan salam tempel ya.

Buat Angpao Semenarik Mungkin

Biasanya anak kecil jauh lebih tertarik kepada desain atau motif dari angpau daripada nilai uang yang Anda berikan. Misalnya, Anda bisa berkreasi dengan membentuk uang menjadi bentuk permen atau bentuk unik lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa membungkus snack atau permen dengan uang atau membungkus uang menjadi sebuah paket dengan mainan atau gantungan kunci hingga membelikan amplop bergambar kartun yang sedang populer dan bisa digunakan untuk anak perempuan atau laki-laki.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.