oleh

Masjid Atta’awun Bogor Sebagai Ikon Wisata Religi Sejuk di Puncak

PortalMadura.Com – Kawasan Puncak merupakan tempat populer bagi wisatawan untuk menikmati masa liburannya. Udara sejuk dengan lanskap pegunungan, seperti Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango akan membuat wisatawansemua takjub akan pesona alam Bogor. Namun apabila Anda liburan ke Puncak tak lengkap kalau belum singgah ke Masjid Atta’awun. Selain beribadah, wisatawan juga bisa beristirahat di masjid yang asri tersebut.

Bangunan masjid dengan kubah berwarna putih, yang berdiri kokoh di indahnya suasana Puncak Bogor, membuat tempat ibadah ini semakin menarik untuk dikunjungi. Dilansir dari pegipegi.com, Senin, (3/5/2021) Masjid yang sering disebut sebagai masjid Putih ini memiliki nama asli yaitu Masjid Atta’awun yang di mana Ta’awun berasal dari bahasa Arab Ta’awana, Yata’aawuna, Ta’awuna, yang artinya tolong-menolong, gotong-royong, bantu-membantu sesama manusia.

Masjid yang berada diketinggian 200 m ini selalu menjadi masjid yang tidak pernah ramai pengunjung. Selain dapat beribadah dengan tenang, Masjid ini juga menjadi spot yang pas untuk menikmati keindahan kawasan puncak dengan melihat hamparan kebun teh hijau yang sangat indah dan asri.

Awal mula masjid ini dibangun ukurannya terbilang cukup kecil, namun berkat potensi wisata yang maju pesat di Puncak, Masjid Atta’awun pun ikut dikenal luas dan terus di kelola sehingga seluas ini dan menjadi bangunan masjid yang sangat indah. Keindahan lain dari masjid ini adalah dengan adanya sebuah kolam ikan yang dihiasi sebuah air terjun mini sehingga menjadikan Masjid Atta’awun ini semakin indah.

Kini, Masjid At Ta’awun menjadi salah satu masjid yang mewah di Bogor. Dengan desain interior yang megah dan bernilai seni tinggi, serta terdapat sentuhan Timur Tengah pada bentuk pilar-pilar masjid. Selain itu, kesan mewah juga terlihat dari ukiran kaca patri yang mengelilingi masjid. Kaca-kaca patri yang memiliki pola khusus dan berwarna warni, membuat cahaya matahari yang masuk melewati kaca tersebut akan menciptakan warna-warna yang beragam pula. Ornamen di dalam masjid didominasi oleh bahan kayu, baik ruangan disekitar mimbar maupun lantainya.

Tidak cukup sampai disana, alasan lain mengapa berkunjung kemasjid ini tidak boleh Anda lewatkan, karena selain bentuk dan suasananya yang indah, ternyata di sekitar Masjid Atta’awun ini banyak sekali orang yang berjualan kuliner dan pernak-pernik khas Puncak, Bogor.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Pegipegi.Com

Komentar