oleh

5 Tanda Bayi Akan Segera Berjalan

PortalMadura.Com – Bayi bisa berjalan merupakan salah satu momen yang di nanti-nanti oleh setiap orang tua. Berjalan bisa dikatakan jadi pencapaian bayi yang penting. Bahkan, momen ini akan membuat Anda sebagai Ibu terharu karena anak akan menjadi semakin mandiri dengan kemampuannya berjalan sendiri.

Umumnya anak mulai bisa berjalan sambil berpegangan di usia 8 bulan. Sebab di usia tersebut umumnya kedua kaki bayi sudah cukup kuat menopang tubuhnya untuk berdiri dan berjalan, meski masih tertatih. Tidak hanya dari umur bisa mengetahui kapan bayi bisa berjalan, Anda bisa melihat dari tanda-tanda yang menunjukkan bayi akan segera berjalan. Dilansir dari laman Kumparan.Com, Senin (19/10/2020) berikut tanda bayi akan segera berjalan.

Mencari Pegangan untuk Berdiri

Bayi akan mulai berjalan biasanya mencari benda-benda kokoh disekitarnya untuk menjadi pegangannya berdiri. Artinya otot-otot kaki dan koordinasi bayi kini sudah mulai baik.

Berdiri Seperti Ingin Melompat

Seringkali Anda melihat anak sedang berdiri di atas sofa sambil menukik-nukik lulutnya seakan ingin melompat. Ini menjadi pertanda bahwa ia memiliki kepercayaan diri untuk bergerak lebih lagi seperti berjalan. Hal ini tentu membuat Anda sebagai orang tua khawatir, namun tugas Anda sebagai orang tua adalah tetap menjaganya agar tidak terjatuh.

Suka Berkeliling dengan Merambat

Jika Anda melihat bayi sedang berkeliling rumah sambil merambat atau berpegangan benda di sekitarnya, bersiaplah untuk melihat bayi berjalan dalam waktu dekat. Sebab kegiatan tersebut menunjukkan anak sedang mempelajari bagaimana caranya memindahkan beban dan keseimbangan sambil melangkah. Ini juga sebagai kesiapan anak memiliki kemampuan untuk mendorong tubuhnya ke depan.

Bayi Lebih Sering Rewel

Bayi yang akhir-akhir ini rewel dari biasanya bisa menjadi pertanda bahwa siap untuk berjalan. Sebab berjalan kaki adalah tonggak perkembangan besar yang seringkali disertai dengan lompatan perkembangan lainnya. Seperti otak dan tubuh bayi Anda mungkin bekerja dua kali lipat dari biasanya.

Suka Berjalan dengan Bantuan

Cobalah untuk membelikannya mainan dorong seperti troli kecil atau mainan yang bisa berjalan dan memiliki pegangan. Hal ini bisa memotivasi anak untuk berjalan sambil menambah kecepatan.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : kumparan.com

Komentar