5 Cara agar Anak Tetap Produktif di Rumah saat Pandemi Corona

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara agar Anak Tetap Produktif di Rumah saat Pandemi Corona
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah terkait pandemi corona atau Covid-19 adalah dengan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Imbas virus corona, sekolah-sekolah di beberapa kota di Indonesia terpaksa libur.

Hal ini terjadi karena adanya kekhawatiran tempat belajar bisa menjadi sumber penyebaran virus. Kadangkala aktivitas di rumah yang itu-itu saja dapat membuat si Anak bosan dan menjadi tidak produktif. Kurangnya interaksi dengan orang lain dapat menjadi hal yang sulit untuk Anda dan si Anak, apalagi jika ia memiliki kepribadian yang ekstrovert.

Dengan demikian Mama perlu melakukan cara-cara yang dapat membuat si Anak lebih produktif selama berada di lingkungan rumah. Melansir dari laman popmama.com, berikut ini selama libur corana.

Menari Sambil Bernyanyi
Melakukan aktivitas fisik merupakan hal penting yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan Mama dan si Anak, baik secara fisik maupun psikologis. Ketika Mama dan anak tidak mendapatkan aktivitas fisik yang bisa dilakukan, kemungkinan hal itu akan berdampak secara negatif pada tubuh.

Untuk itu, menari dan bernyanyi adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan bersama. Biasanya lagu-lagu riang bisa rekomendasi yang paling tepat digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut, atau Mama pun juga bisa menggunakan lagu lainnya yang sesuai dengan selera.

Olahraga Bersama di Dalam Rumah
Orang dewasa memerlukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik setiap hari, sementara anak-anak membutuhkan 60 menit aktivitas fisik yang sama setiap hari. Dengan melakukan olahraga adalah solusinya.

Zumba dan yoga merupakan olahraga yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, termasuk di rumah. Mama bisa melakukan olahraga seperti zumba dan yoga dengan mengikuti intruksi melalui video yang ada di media sosial. Selain menyenangkan karena diiringi musik, melakukan zumba dan yoga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Memasak dan Menghias Kue
Ingatlah untuk terus melakukan aktivitas yang benar-benar melibatkan anak. Mama bisa mencoba aktivitas yang dapat mengembangkan keterampilan si Anak, contohnya seperti aktivitas memasak dan menghias kue. Ketika melakukan aktivitas seperti ini, Mama pun juga akan mengetahui apakah si Anak mempunyai bakat dalam memasak atau apakah ia justru memiliki kreativitas yang tinggi dalam menghias kue.

Menggambar dan Mewarnai
Tidak ada salahnya jika Anda mencoba melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai yang menjadi kegiatan di sekolah. Lakukanlah hal tersebut bersama Anak di rumah. Anda mungkin akan menemukan beberapa sifat si Anak yang belum pernah Anda ketahui.

Misalnya saat ia sedang bingung dalam memilih objek apa yang harus ia gambar hingga pemilihan warna yang sangat teliti ketika ia sedang melakukan aktivitas mewarnai. Tentunya hal tersebut pun akan menambah kedekatan dengan si Anak.

Bikin Kompetisi dengan Si Anak
Sebagai orang tua, tidak mudah bagi Anda untuk menjaga si Anak tetap produktf selama berada di rumah. Maka dari itu, Anda perlu selalu melakukan inovasi mengenai kegiatan-kegiatan apa saja yang harus Anda dan si Anak lakukan.

Dengan demikian, melakukan kompetisi ala-ala bisa menjadi solusi Mama dan si Anak dalam menghindari kejenuhan. Anda bisa mencoba berbagai kompetisi yang seru dan bermanfaat seperti kompetisi makan sayur, kompetisi tidur cepat, kompetisi menghafal ibu kota negara lain, dan masih banyak lagi kompetisi yang bisa Anda lakukan.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.