5 Cara Alami Bikin Rambut Cepat Tumbuh

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
5 Cara Alami Bikin Rambut Cepat Tumbuh
Ilustrasi (LINE TODAY)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Rambut merupakan mahkota, sehingga untuk tetap sehat dan berkilau indah, sebagian besar orang melakukan perawatan rambut ke salon kecantikan. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai masalah rambut. Seperti rontok, patah, bercabang dan lain sebagainya.

Memiliki rambut yang sehat, tebal, indah dan berkilau tentu diinginkan banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang bisa memiliki rambut ideal seperti itu, bahkan tidak sedikit yang mengeluh sulit menumbuhkan rambut.

Umumnya kerontokan disebabkan oleh stres emosional dan fisik yang tubuh terima dari paparan radikal bebas dan polusi lingkungan. Selain itu, rambut juga cenderung rontok ketika sakit (misalnya demam tinggi), setelah melahirkan, berhenti menggunakan pil KB, mengalami penurunan berat badan yang drastis, hingga pemulihan pasca operasi.

Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa cara alami untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cepat dan efektif. Bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Oleskan Minyak Jarak pada Kulit Kepala

Minyak jarak atau castor oil mengandung asam lemak omega-6 dan asam risinoleat. Kedua kandungan tersebut mampu melancarkan darah ke area rambut yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Akar rambut menjadi sehat dan kuat, kerontokan rambut pun berkurang.

Untuk hasil yang lebih baik, campurkan 1 sdt minyak jarak dengan 1 sdt minyak almond dan minyak zaitun. Oleskan secara menyeluruh pada kulit kepala, lalu pijat selama 10-15 menit dan bilas sepenuhnya setelah 20 menit.

Lakukan ini seminggu sekali dan rambut pun akan tumbuh dengan cepat.

Cek Asupan Protein

Sangat penting untuk mengonsumsi makanan kaya protein. Jika kekurangan protein, maka rambut cenderung rontok atau menjadi tipis.

Baca Juga:  5 Perbedaan Clay dan Pomade, Kaum Pria Wajib Baca!

Periksa asupan protein juga menjadi cara utuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Sebab, mengonsumsi makanan yang seimbang dengan asupan protein yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang optimal.

Jadi, tingkatkan asupan protein dalam menu makanan sehari-hari, seperti telur, ikan berlemak, dan daging.

Oleskan Campuran Jus Bawang Kulit Kepala

Cara lainnya untuk meningkatkan pertumbuhan rambut adalah mengoleskan campuran jus bawang ke kulit kepala. Jus bawang diklaim dapat merangsang pertumbuhan rambut serta mencegah ketombe dan kulit kepala gatal.

Jus bawang tinggi akan mineral sulfur atau belerang yang dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut yang kuat. Kandungannya dapat meningkatkan produksi kolagen yang sangat penting untuk mengembangkan sel-sel kulit yang sehat.

Cukup tambahkan sejumput jus bawang ke minyak zaitun sebelum menerapkannya langsung ke kulit kepala.

Mengoleskan jus bawang ke rambut dan kulit kepala dapat meningkatkan pasokan darah ke folikel rambut yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Efek samping penggunaan jus bawang mungkin termasuk kemerahan dan gatal-gatal, tergantung pada seberapa kuat ramuan dibuat. Oleh karena itu, lebih baik mencampur jus bawang dengan bahan pelembap, seperti lidah buaya atau minyak kelapa, yang dapat mencegah hal tersebut.

Bersihkan Kulit Kepala dengan Cuka Apel

Membantu meningkatkan pertumbuhan rambut menjadi salah satu manfaat dari cuka apel. Seperti diketahui, cuka apel mengandung banyak sekali nutrisi yang bagus sehingga rambut bisa lebih cepat untuk tumbuh.

Baca Juga:  6 Cara Gunakan Parfum agar Awet Seharian, Catat!

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Cuci rambut dengan cuka apel terlebih dahulu kemudian menggunakan sampo yang biasa digunakan.

Untuk hasil maksimal, bisa menggunakan cuka apel 2-3 kali dalam seminggu. Tentu dengan kadar yang tepat dan jangan berlebihan.

Pijat Kulit Kepala

Memijat kulit kepala dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Sebab, kulit kepala menjadi lebih rileks serta menghilangkan stres.

Pijat kulit kepala diperkirakan dapat membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit. Hal tersebut dapat menyebabkan rambut yang lebih tebal dan lebih kuat yang cenderung tidak patah atau rusak.

Memijat kulit kepala bisa dilakukan dengan mulai dari bagian tengah garis rambut. Gunakan jari tengah untuk membuat lingkaran sebanyak 25 kali, lalu ambil celah 3 jari bergerak ke arah tengah kepala, ulangi 25 lingkaran lagi.

Bergerak lebih jauh ke bawah dengan mengambil jarak 3 jari lagi dan membuat lingkaran. Akhiri ini dengan memijat bagian belakang cuping telinga. Ini akan memakan waktu sekitar 5-7 menit.

Itu dia beberapa cara alami untuk meningkatkan pertumbuhan rambut serta dapat membuat rambut menjadi lebih lebat, kuat dan berkilau. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.