oleh

5 Cara Atur Keuangan Keluarga di Masa Pandemi Corona

PortalMadura.Com – Sampai saat ini, wabah COVID-19 tidak kunjung usai. Banyak masyarakat yang mengalami kesulitan. Selain terkait kesehatannya, juga tidak luput pula dalam hal keuangan keluarga.

Adanya batasan untuk menjaga jarak dan lebih baik di rumah saja membuat banyak orang kehilangan pekerjaan atau matapencahariannya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda melindungi keuangan di tengah pandemi Corona ini.

Selamat Ibadah Puasa

Analis keuangan, Greg McBride menjelaskan, saat pandemi banyak bisnis tutup atau karyawannya bekerja di rumah. Bagi Anda yang masih tetap bekerja, Anda bisa mengalihkan sebagian pengeluaran yang biasa digunakan untuk dijadikan simpanan.

“Pertimbangkan mengalokasikan uang yang seharusnya Anda habiskan untuk transportasi umum, hiburan, atau makan di restoran untuk dijadikan tabungan untuk mempersiapkan keadaan darurat,” tutur McBride, dilansir Haibunda.com dari PBS News.

Selain itu, McBride juga menyarankan agar Anda lebih cermat dalam melihat anggaran bulanan. Identifikasi barang-barang yang bisa dikurangi untuk tidak dibeli dahulu selama pandemi Corona.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini 5 tips melindungi keuangan keluarga saat pandemi Corona, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (8/1/2021) dari laman Haibunda.com, yang dikutip dari CNBC Indonesia.

Tingkatkan Dana Darurat

Salah satu yang menakutkan dari adanya COVID-19 adalah munculnya ketidakpastian ekonomi setelahnya. Untuk melindungi diri dan keluarga dari guncangan finansial ini, dana darurat adalah salah satu jalan keluarnya. Periksa pengeluaran Anda yang bisa dipotong, yang sekiranya bisa digunakan untuk dana darurat.

Cara lain menambah dana darurat adalah dengan menarik dividen dari investasi. Jangan lupakan juga simpanan tetap. Tentunya Anda akan kehilangan bunga bonus investasi, namun ini tidak seberapa dibandingkan dengan penalti ataupun biaya keterlambatan pembayaran tagihan yang sedang menanti.

Ini dilakukan dengan tujuan menghemat 3 hingga 6 bulan pengeluaran. Yang artinya uang tersebut bisa disimpan dalam rekening bank yang bisa ditarik kapan saja.

Pertimbangkan untuk Mengajukan Kredit Bunga Ringan

Pertimbangkan pula untuk membuka kredit ringan jika Anda sangat membutuhkan. Beberapa bank tertentu bahkan memungkinkan Anda untuk menata utang menjadi pinjaman pribadi dengan bunga lebih rendah, yang nantinya bisa membantu Anda mengelola keuangan.

Sementara itu, jalur kredit dipilih karena menawarkan suku bunga lebih rendah daripada kartu kredit. Jika Anda ingin melakukannya, lakukan saat ini. Karena lebih mudah untuk aplikasi Anda disetujui saat berada dalam kondisi keuangan yang baik. Sebaliknya, akan lebih sulit untuk memenuhi syarat jika peringkat kredit telah bermasalah sebelumnya.

Tentukan Instrumen Investasi

Alih-alih terburu-buru, sebaiknya terus perhatikan perkembangan dan buat keputusan berdasarkan informasi tentang investasi. Dan sebisa mungkin tahan dorongan untuk menarik investasi sebagai reaksi spontan. Jangan sampai Anda kehilangan bonus investasi tahunan.

Tidak hanya itu, jangan sembarangan melakukan perubahan dalam investasi, jika tidak, Anda akan terkena biaya manajemen yang mahal. Serta ingatlah bahwa berinvestasi adalah tentang jangka panjang, dan wabah pandemi pasti akan berlalu.

Perluas Kemampuan Diri

Ketidakpastian ekonomi serta pekerjaan yang berada dalam ancaman, membuat Anda harus siap siaga akan situasi apapun. Sekarang merupakan waktu untuk menggunakan kemampuan dan mempelajari keterampilan baru.

Sebaiknya Anda pun memanfaatkan kesempatan ini untuk mencoba keterampilan yang nantinya bisa menjadi usaha sampingan atau bahkan berkembang menjadi karier baru.

Jangan Sia-siakan Uang

Yang terpenting di situasi saat ini adalah tidak menyia-nyiakan uang yang telah dihasilkan susah payah hanya untuk membeli sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan. Karena Anda tidak pernah tahu sampai kapan pandemi ini berakhir, jadi gunakanlah uang yang ada dalam simpanan Anda saat ini sebaik mungkin.

Itulah beberapa cara melindungi keuangan keluarga selama masa pandemi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Haibunda.Com

Komentar