oleh

5 Cara Bijak Ajarkan Anak Menyayangi Hewan

PortalMadura.Com – Bagi orang tua yang menerapkan konsep akan sebuah kebaikan maupun rasa empati anak terhadap hewan bisa Anda lakukan secara sederhana dan mudah. Anak yang sering berinteraksi dengan hewan itu sangat bagus karena dapat mendorong kepercayaan diri anak. Mengajarkan anak menyayangi hewan juga mendukung komunikasi non-verbal si kecil. Namun tidak mudah memperkenalkan dan membuat anak langsung berani memegang atau memelihara hewan. Bahkan sebagian anak ada yang tidak berani untuk mengelus hewan.

Dilansir dari laman PopMama.Com, Minggu (7/6/2020) berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam mengajarkan anak untuk menyayangi hewan.

Bacakan Buku Cerita 
Pada tahap awal, Anda bisa memilih dan membacakan buku cerita dengan karakter hewan. Dengan cara itu diharapkan dapat mendidik anak dalam menumbuhkan rasa untuk menyayangi hewan.

Menonton Film Seputar Hewan
Anda juga bisa melakukan kegiatan lain bersama anak dengan mengajaknya menonton film seputar hewan. Hal ini akan membuatnya mengetahui dan memicu daya tarik anak tentang kehidupan para hewan.

Memberi Contoh
Orangtua yang ingin anaknya bisa menyayangi binatang juga harus memberi contoh kepadanya, seperti mengelus binatang, memberi makan ikan, dan lain-lain. Mungkin awalnya anak bingung harus menyikapi binatang seperti apa dan bagaimana, jika orangtua bisa memberikan contoh, maka anak pun akan mengikuti.

Bermain Dengan Hewan
Ajak anak untuk berinteraksi langsung dengan hewan di sekitar rumah seperti kucing, kupu-kupu, dan lain-lain. Cara ini akan menyadarkannya anak bahwa binatang akan merasa senang jika diberi kasih sayang yang sama seperti dirinya.

Memelihara Hewan
Jika memungkinkan dan anak sudah mulai tumbuh keinginan memelihara hewan, maka Anda bisa coba membeli hewan peliharaan. Hewan-hewan kecil seperti ikan, kelinci, atau burung bisa jadi tahap pengenalan dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap binatang peliharaannya. Menyayangi binatang sangat banyak manfaatnya, salah satunya akan menumbuhkan rasa peduli dan tanggung jawab pada anak. Mulailah mengajarkan anak menyayangi hewan agar anak tumbuh menjadi pribadi yang pintar secara sosial maupun emosional, dan memiliki rasa cinta pada makhluk hidup di sekitarnya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar