oleh

5 Cara Cegah Jerawat Saat Menjelang Menstruasi

PortalMadura.Com – Perempuan mengalami menstruasi setiap bulannya. Ada hal yang selalu dikhawatirkan oleh perempuan saat menjelang menstruasi yaitu munculnya jerawat. Muncul jerawat saat menjelang menstruasi adalah hal yang wajar.

Jerawat muncul karena saat menstruasi ada perubahan hormon yang sangat besar. Anda jangan khawatir ada 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya jerawat saat menjelang menstruasi. Dilansir dari laman Hellosehat.com, Jumat (25/12/2020).

Menjaga Kebersihan Kulit

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kebersihan kulit dengan cara : tidak menyentuh wajah, rajin mencuci tangan, membersihkan sabun, mandi secara rutin dan keramas secara rutin.

Menggunakan produk mengandung AHA pada kulit

AHA merupakan asam yang dihasilkan dari tumbuhan biasanya yang sering digunakan adalah tumbuhan sitrus. AHA berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Membatasi Makanan yang Memicu Jerawat

Makanan pemicu jerawat pada umumnya mengandung karbohidrat yang tinggi. Seperti produk susu seperti susu skim. Makanan adalah faktor tambahan namun faktor utama adalah karena perubahan hormon dan kebersihan kulit.

Hindari Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Minyak

Banyak sekali produk perawatankulit yang mengnadung minyak. Jika Anda menggunakan produk ini maka akan menutup pori-pori kulit sehingga menyumbat pori-pori. Produk ini hanya cocok bagi Anda yang memiliki kulit normal hingga kering. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak makan hindari produk ini, biasanya dikemasan tertera keterangan non comedogenic.

Menggunakan KB Hormon

KB adalah alat kontrasepsi baik berbentuk suntik ataupun pil. Menggunakan KB merupakan salah satu cara untuk mencegah jerawat sebelum menstruasi. Karena KB dapat menurunkan produksi sebum yang berlebihan.

Sebaiknya di saat Anda menjelang menstruasi untuk selalu menjaga kebersihan dan jangan memegang wajah sebelum mencuci tangan.

Rewrite : Lisa Mana L
sumber : Hellosehat.com

Komentar