5 Cara Hindari Jebakan Diskon Saat Ramadan, Yuk Hidup Lebih Hemat!

Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Idntimes.com
5-Cara-Hindari-Jebakan-Diskon-Saat-Ramadan,-Yuk-Hidup-Lebih-Hemat!
Ilustrasi (semarang.ayoindonesia.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Sepekan setelah bulan Ramadan dilalui, biasanya Tunjangan Hari Raya (THR) akan cair beberapa hari ke depan. Ketika menerima THR sebagian orang akan kalap dan berburu barang-barang yang serba diskon.

Bagaimana tidak, mulai banyak marketplace yang menawarkan promo menarik sehingga membuat orang ingin memborongnya. Tapi tunggu dulu, jika Anda mengikuti diskonan itu tentu pengeluaran Anda akan membengkak.

Nah, daripada bikin kantong Anda kering, lebih baik Anda mengatur pengeluaran di Ramadan kali ini agar tidak terjebak diskon besar-besaran. Yuk ikuti cara ini seperti dilansir PortalMadura.Com, Rabu (13/4/2022) dari laman Idntimes.com:

Prioritaskan Kebutuhan, Bukan Keinginan Anda

Anda yakin mau beli baju atau celana baru? Coba cek lemari Anda. Apakah Anda benar-benar butuh pakaian baru itu. Mungkin memang menarik, tapi jika Anda tidak membutuhkan, lebih baik Anda tidak usah membeli. Mungkin tahun ini Anda lebih butuh sepatu atau tas baru.

Baca Juga:  Ingat! Masalah Ini Kerap Dialami Pemula Ketika Jualan Online

Buat Skala Prioritas

Jangan malas untuk membuat perencanaan anggaran dari sekarang. Setelah Anda memilah antara kebutuhan dan keinginan, Anda bisa buat skala prioritas mana barang yang benar-benar Anda butuhkan.

Misal pertama Anda butuh celana baru, kedua long dress dan ketiga sandal atau sepatu. Fokuskan pada urutan yang Anda anggap penting dan kemudian cari dengan harga yang miring memanfaatkan diskon yang ada.

Hati-hati Jebakan Diskon

Tidak semua barang yang didiskon pasti murah. Kalau Anda sering belanja di berbagai tempat, Anda bisa tahu apakah benar harga barang itu lebih murah saat didiskon, ataukah harganya sama saja sebelum diskon. Bisa jadi hanya embel-embel atau siasat penjual dengan label diskon. Anda bisa blusukan ke berbagai pasar untuk tahu harga barang yang Anda inginkan berada pada kisaran harga berapa.

Baca Juga:  Sumenep Hadapi Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten Kreatif Kemenparekraf

Jangan Window Shopping, Bahaya!

Awalnya mungkin Anda cuma lihat-lihat, tapi lama-lama Anda bisa tergiur untuk membeli, terlebih dengan diskon yang ditawarkan. Stop window shopping, atau kalau versi online-nya browsing-browsing. Anda harus komitmen ke langkah pertama Anda: cari yang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan.

Akan Ada Diskon Lagi di Hari Lain

Percaya deh, Anda tidak akan rugi untuk tidak membeli barang atau pakaian diskon saat ini karena biasanya setelah puasa atau lebaran akan ada lagi promo atau diskon. Apalagi diskon akhir tahun untuk ganti mode.

Masih bakal ada diskon-diskon lainnya. Lebih baik sesuaikan dengan kondisi sekarang ini. Jadi Anda harus bersabar ya. Selamat berhemat!


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.