Ummat Muslim Ini Dia 5 Keutamaan Minum Air Zam Zam Bagi Tubuh

  • Bagikan
air zam zam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Air zam zam merupakan air yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat muslim di seluruh penjuru dunia termasuk kedalam minuman halal dalam islam . Air zam zam dikenal memiliki keutamaan, khasiat dan manfaat yang sangat banyak. Sebutan Zam Zam berasal dari bahasa arab yang berarti banyak atau melimpah. Air Zam Zam yang dimaksud disini adalah air yang berasal dari sumur Zam Zam yang berjarak 38 Hasta dari kakbah.

Air Zam Zam memiliki keistimewaan yakni jumlahnya yang banyak dan tidak pernah habis meskipun telah diambil oleh jutaan orang dari seluruh dunia setiap harinya. Untuk mendapatkan manfaatnya, jita dianjurkan untuk mengkonsumsinya atau meminumnya sebagai cara menjaga kesehatan hati . Sebagaimana Ibnu Taimiyyah berkata,

”Seseorang disunnahkan untuk meminum air Zam-Zam sampai benar-benar kenyang, dan berdoa ketika meminumnya dengan doa-doa yang dikehendakinya. Tidak disunnahkan mandi dengannya (menggunakan air Zam-Zam).

Keutamaan Minum Air Zam Zam Sebagaimana yang dilakukan Rasulullah, meminum air Zam Zam dipercaya dapat mendatangkan berbagai manfaat. Air Zam Zam sendiri memgandung 30 unsur dan air ini tidak berbau, berwarna dan bebas dari kuman dan bakteri. Senyawa bermanfaat yang terkandung dalam air Zam Zam antara lain adalah Sodium, kalsium , potasium dan magnesium yang masing-masing memiliki manfaat bagi tubuh.

Berikut 5 keutamaan air zam zam bagi tubuh

Mengobati Berbagai Penyakit

Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah Zam-Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”

Sebagaimana hadist diatas, telah dinyatakan secara jelas bahwa mengkonsumsi air Zam Zam dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Inilah yang kemudian menyebabkan mereka yang nelaksanakan ibadan haji atau umrah selalu membawa oleh-oleh air Zam Zam.

Memperoleh Kebaikan Dunia

Al-Allamah Zhafar Ahmad at-Tahanuwi, salah seorang ulama India (1394 H) bercerita bahwa beliau minum air zamzam pada saat haji untuk kebaik-kebaikan dunianya yang kebanyakannya telah terwujudkan, salah satunya adalah agar beliau bisa fasih dalam mengajar dan berkhotbah karena lidahnya agak pelat, lalu beberapa saat setelah itu Allah memberikan kefasihan kepada beliau dalam khotbah dan mengajar. Segala puji bagi Allah.

Menguatkan Rahim Saat Hamil

Air Zam Zam juga dipercaya mampu menguatkan rahim saat proses kehamilan. Solusi yang tepat terutaman bagi anda yang memiliki masalah kandungan lemah. Konsumsi secara rutin dan minum air Zam Zam agar kandungan anda tetap sehat dan kuat.

Mampu Membersihkan Hati

Air Zam Zam tidak hanyan mampu sebagai detiksifikasi dalam tubuh. Namun, juga mampu secara psikologis membersihkan hati dari berbagai macam penyakit hati. Yang tentunya dapat menjerumuskan kita kepada perbuatan maksiat dan tercela. Sebagaimana penyakit hati menurut islam , akibat makan makanan haram , dan cara menjaga kesehatan hati.

Baik Bagi Metabolisme Tubuh

Air merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh. Fungsi air dalam tubuh yang utama ialah membantu memperlancar metabolisme tubuh. Air Zam Zam yang tidak mengandung bahan kimia sehingga tentunya lebih baik ketimbang air biasa atau air mineral yang kita konsumsi setiap harinya.
Itulah 5 keutamaan air zam zam bagi tubuh. Semoga bermanfaat. (dalamislam.com/Anek)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.