5 Cara Jitu Atasi Pusing Tanpa Minum Obat

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Jitu Atasi Pusing Tanpa Minum Obat
Ilustrasi

PortalMadura.Com atau nyeri pada kepala merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami orang. Penyakit ini juga sering muncul kapan saja dan di mana saja. Sehingga keberadaannya dapat mengganggu aktivitas.

Pada umumnya, bila rasa sakit itu muncul, orang akan langsung mengonsumsi obat pereda nyeri kepala. Padahal, hal tersebut sebenarnya bukanlah cara yang efektif.

Tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa cara lain yang bisa membantu Anda untuk menghilangkan nyeri kepala tanpa mengonsumsi obat sama sekali. Penasran ?

Capsaicin Nasal Spray
Cabai pedas mengandung senyawa yang disebut capsaicin yang menurut penelitian dapat mengurangi rasa sakit kepala. Capcaisin nasal spray juga dianggap bekerja dengan desensitisasi saraf trigeminal dan menipiskan tingkat bahan kimia yang ada pada nyeri.

Makanan Kaya Magnesium
Jika Anda sering mengalami sakit kepala, maka kadar magnesium dalam tubuh rendah. Gabungkan makanan yang kaya magnesium pada menu yang hendak dikonsumsi. Anda sebisa mungkin mengonsumsi bahan makanan seperti almond, buah ara dan alpukat. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium.

Melatonin
Hormon melatonin mengatur pola tidur Anda. Telah ditemukan bahwa jika tubuh Anda memiliki kadar melatonin yang rendah, maka akan menyebabkan sakit kepala. Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Headache menjelaskan bahwa suplemen melatonin lebih efektif dalam mengobati sakit kepala. Minumlah suplemen melatonin setiap hari dua jam sebelum tidur bisa mengobati sakit kepala.

Teh Jahe
Teh Jahe mengandung bahan bioaktif yang disebut gingerol yang dikenal memiliki sifat terapeutik. Senyawa ini membuat jahe sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat kuat dan dapat membantu mengobati serangan sakit kepala. Minum teh jahe akan membantu meredakan gejala sakit kepala. Jadi, minumlah dua kali sehari.

Vitamin B2
Vitamin B2 dapat membantu mengurangi keparahan dan frekuensi sakit kepala. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Neurology pada 2004 menemukan bahwa partisipan yang diberi kapsul 400 mg vitamin B2 per hari mengalami serangan sakit kepala yang lebih sedikit.

Jadi, konsumsilah makanan dengan kaya vitamin B2. Sebab, kekurangan vitamin dapat menyebabkan kerusakan saraf dan peradangan. Sehingga, hal tersebut yang menyebabkan sakit kepala.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika pusing sebelum memutuskan untuk meminum obat. Namun, bila sakit kepala yang diderita masih tetap berlanjut, konsultasilah ke dokter Anda agar mendapatkan obat atau peratan terbaik. Semoga bermanfaat. (okezone.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.