5 Cara Mendidik Anak yang Sulit Diatur

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Mendidik Anak yang Sulit Diatur
Ilustrasi (klubwanita.com)

PortalMadura.Com – Setiap orang tua memiliki gaya berkomunikasi dengan anak-anaknya. Tanpa disadari, interaksi orang tua dengan anak akan memengaruhi kemampuan dan kemauan anak untuk mendengarkan apa kata orang tua, yang tercermin dari cara anak berbicara kepada ayah dan ibunya. Sebagai orang tua perlu berhati-hati dalam berkomunikasi dengan anak Anda. Jika tidak, hal tersebut justru membuat anak Anda semakin sulit untuk diatur.

Anda tidak perlu bingung untuk mengatasi sikap anak yang sulit diatur. Dilansir dari laman Popmama.Com, Senin (2/11/2020) berikut cara yang sulit diatur.

Berikan Penjelasan Secara Perlahan

Biasanya anak sulit untuk diberi nasehat saat melakukan hal yang salah. Jangan khawatir, anak bisa berubah menjadi manis jika orang tua menyikapinya secara perlahan-lahan. Sebab anak yang sulit diatur kadang bukan berarti ingin melawan apa kata orang tuanya. Mereka mungkin hanya tidak mengerti alasan orang tua melarangnya berbuat demikian.

Jadi ketika anak sudah bersikap seperti itu, sebaiknya Anda memberikan penjelasan secara intensif dan lemah lembut agar bisa dipahami anak dengan baik. Dengarkan juga respon atau saran dari anak. Hal ini akan membantu mereka berpikir logis dan terbiasa mendengarkan ucapan Anda.

Bersikap Baik dan Manis pada Anak saat Mulai Membangkang

Sebagai orang tua Anda harus memperlakukan anak dengan penuh kasih sayang, karena setiap gerak-gerik Anda akan diperhatikan oleh anak. Ketika menghadapi anak yang sedang membangkang dan sulit diatur, Anda harus bersikap tegas namun tetap lemah lembut di hadapannya.

Bujuk anak dengan bersikap manis dan baik padanya. Biasanya anak akan lebih tenang dengan bujukan daripada dimarahi.

Berilah Peraturan Tegas

Memarahinya bukanlah cara tepat saat menghadapi anak yang sulit diatur. Sebaiknya berikan sebuah peraturan mengenai apa saja yang tidak boleh di langgar. Jangan lupa menyediakan penghargaan yang akan didapat anak ketika berhasil mengikuti aturan dengan baik.

Agar aturan yang dibuat bisa dituruti anak, Anda perlu mengajaknya berdiskusi dalam pembuatan aturan. Hal ini dilakukan agar mereka tahu alasan dari sebuah aturan yang tujuannya untuk kebaikan. Setelah disepakati bersama, selanjutnya bisa menetapkan konsekuensi apa yang akan anak dapatkan jika melanggar aturan tersebut.

Hindari Sikap Memanjakan Anak

Mengatasi anak yang sulit diatur adalah dengan tidak memanjakannya. Sebab anak yang manja biasanya akan tumbuh menjadi lebih egois dan semakin sulit diatur. Selama yang mereka minta bukanlah kebutuhan penting maka orang tua tidak harus menurutinya.

Anda bisa menolaknya dengan cara halus dan mengendalikan emosi saat anak mulai membangkang. Melalui cara ini mereka akan belajar dan mulai terbiasa dengan perkataan orang tuanya.

Lakukan Pendekatan Secara Halus

Ketika anak membangkang dan susah diatur, maka hindari menanggapinya dengan keras atau marah. Lakukan pendekatan secara halus dan mulai berikan nasehat secara bijak, yakni membuatnya mengerti apa yang dilakukan bukanlah hal yang baik.

Ajak anak berbicara dan tatap matanya. Tanyakan dengan perlahan kenapa tidak mau mendengar perkataan orang tua dengan lemah lembut. Tindakan ini lebih efektif dan lebih didengarkan oleh mereka. Meski terkadang sulit, tapi hindari mengucapkan kata kasar yang justru akan menyakiti hati anak.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.