oleh

5 Cara Mengatasi Rasa Takut pada Anak

PortalMadura.Com – Rasa takut dan kecemasan berguna untuk melindungi Anak dari bahaya, agar ia lebih berhati-hati dan waspada. Namun, Anak seringkali takut terhadap situasi atau benda yang menurut orang dewasa tidak membahayakan. Memiliki Anak yang penakut memang bisa membuat Mama menjadi gregetan dalam menghadapinya.

Tapi Mama harus tahu, ketakutan yang dirasakan Anak terhadap sesuatu merupakan bagian dari perkembangannya sehingga wajar jika ini dialami oleh Anak. Meski merupakan hal yang wajar, perlu diingat bahwa mengelola ketakutan Anak dengan baik merupakan tugas yang harus Mama lakukan.

Tujuannya agar rasa takut yang dimiliki si Kecil dapat berkurang, hilang dan tidak terbawa hingga dewasa nanti. Mama tidak usah bingung apa yang harus dilakukan dalam mengelola rasa takut yang dimiliki si Kecil? Malansir dari laman Popmama.com, berikut ini cara mengatasi rasa takut pada Anak yang bisa Mama terapkan.

Buat Anak Merasa Nyaman
Saat Anak Mama ketakutan akan sesuatu hal, jangan pernah memarahinya Ma. Mama justru harus melindunginya agar ketakutan Anak tidak bertambah parah. Saat si Kecil ketakutan, coba untuk genggam tangannya dengan erat dan beri pengertian kepadanya bahwa semua baik-baik saja dan tak perlu ada yang ditakutkan.

Jangan Menakutinya
Terkadang secara tidak disadari, ketakutan yang dialami Anak terhadap sesuatu disebabkan karena Mama dan lingkungan sekitar menakutinya. Mama pernah merasa menakuti si Kecil akan sesuatu agar ia tidak menjadi rewel atau nakal? Jika pernah, jangan lakukan ini lagi ya Ma. Anak dapat merekam ketakutannya tersebut ke dalam memori otaknya sehingga ia akan menjadi sosok anak yang penakut.

Ajarkan untuk Menghadapi Apa yang Ditakutkan
Ini memang hal yang tidak mudah Ma, namun Mama harus mengajarkan Anak untuk menghadapi apa yang ditakutkan. Saat Anak Mama takut akan kucing, cobalah cari cara untuk mengenalkan kucing kepadanya dengan cara-cara yang positif. Mama bisa menggunakan buku cerita ataupun video-video lucu mengenai kucing dan perlihatkan kepadanya betapa hewan satu itu begitu menggemaskan. Kenalkan secara perlahan ya Ma, meski terbilang bukan hal yang mudah.

Jangan Terlalu Banyak Melarangnya
Ternyata ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang kerap Mama lakukan dan menyebabkan Anak menjadi takut. Mama yang suka melarang dalam berkreativitas atau melakukan sesuatu, ada baiknya untuk mulai menghindari kebiasaan melarang. Sebab jika terlalu banyak melarang, kreativitas dan perkembangan anak akan menjadi terhambat. Anak jadi lebih pasif dan takut dalam melakukan sesuatu. Jadi hindari kebiasaan satu ini ya Ma.

Ajak Bicara
Mama memang harus membicarakan ketakutan yang dirasakannya dengan sabar. Saat anak tidak mau diajak ke dokter, tanyakan kepadanya mengenai apa yang ditakutkan. Jika Anak Mama ternyata takut untuk disuntik, beri pengertian kepadanya bahwa tidak selamanya ia akan disuntik saat berkunjung ke dokter. Mama bisa juga menjelaskan kepadanya bahwa di suntik itu tidak semenakutkan yang anak kira.

Itulah beberapa cara mengatasi rasa takut pada anak Anak. Selamat mencoba Mama dan semoga informasinya bermanfaat.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : Popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar