5 Cara Menghidrasi Kulit Wajah Bagi Pemilik Kulit Kering

  • Bagikan
5 Cara Menghidrasi Kulit Wajah Bagi Pemilik Kulit Kering
Ilustrasi (Bukalapak)

PortalMadura.Com – Pemilik kulit kering biasanya akan mengalami masalah keriput, eksim, mengelupas, psoriasis dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pemilik kulit jenis ini perlu melakukan berbagai perawatan salah satunya yaitu dengan menghidrasi kulit.

Lantas bagaimana cara menghidrasi kulit khususnya wajah agar pemilik kulit kering bisa mempertahankan kelembapan kulitnya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Gunakan Produk Facial Wash dengan Formula yang Ringan

Memakai facial wash dengan bentuk gel, memungkinkan membersihkan pori-pori dan menghilangkan kotoran maupun minyak berlebih dari permukaan kulit.

Jika memiliki kulit berjerawat sebaiknya gunakan pembersih yang membantu menghilangkan noda dan memperkecil ukuran pori-pori tanpa mengeringkan wajah.

Cobalah memilih produk facial wash yang mengandung asam salisilat, asam glikolat dan pH dengan persentase rendah, hal ini untuk mengelupas dengan lembut tanpa membuat kulit stres.

Namun apabila memakai facial wash yang terlalu keras, maka minyak alami pada kulit yang bertugas untuk menjaga kelembapan alami kulit akan ikut terangkat. Alhasil, kulit jadi terasa kering dan kaku.

Gunakan Face Oil yang Sesuai Jenis Kulit

Produk facial oil sendiri sebenarnya dapat membantu kulit menghasilkan lebih sedikit sebum dan mengelupas sel kulit mati.

Face oil bisa mengecilkan pori-pori yang membesar. Produk facial oil dengan kandungan seperti macadamia, jojoba dan camellia benar-benar mengeluarkan kotoran dan lemak dari pori-pori.

Apabila Anda menggunakan face oil yang sesuai jenis kulit kering, maka dapat melembapkan kulit.

Pada umumnya face oil mengandung ekstrak tumbuhan, essential oil dan antioksidan yang sangat baik untuk menghidrasi kulit wajah dari penuaan dini.

Gunakan Produk Pelembab dengan Formula Oil Based

Menghidrasi kulit wajah dengan pelembab secara teratur, maka berfungsi menjaga kulit kering tidak bersisik.

Ketika kulit Anda semakin mengering, maka bisa ekstra memproduksi sebum yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Everydayhealth memaparkan, pertimbangkan jenis kulit dan pilih produk pelembab yang paling cocok dengan kulit Anda. Berurusan dengan kekeringan, sebaiknya gunakan pelembab berbentuk gel.

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah pelembab dengan kandungan oil based. Formula tersebut memiliki kadar minyak yang tinggi, sehingga mampu melembapkan kulit kering secara maksimal.

Gunakan Produk Hydrating yang Ringan Secara Berlapis

Menghidrasi kulit kering, maka akan membantu memulihkan kulit yang terasa kasar, kusam dan kurang bercahaya.

Kata Meghan Feely, M.D., FAAD, seorang dokter kulit bersertifikat di New Jersey dan New York City yang dilansir dari Shape bahwa produk moisturizing dan hydrating secara teknis adalah pelembab menghidrasi sel kulit dengan menyembuhkan kekeringan.

Sebaiknya Anda menggunakan beberapa lapis produk hydrating yang ringan.

Mulailah dari memakai hydrating toner, essence dan serum yang punya sifat hydrating guna memberikan kelembapan dan menutrisi kulit lebih terserap dengan baik.

Gunakan Produk Sunscreen dengan Water Based

Memilih tabir surya yang melembabkan bisa membantu memperbaiki kerusakan pada kulit kering.

Menurut penelitian tahun 2016 di jurnal Dermatologic Surgery yang dikutip dari Prevention bahwa gunakan tabir surya setiap hari. Sebagai bonus, SPF berkualitas mampu melindungi kulit dari sinar UV berbahaya yang menyebabkan penuaan dini.

Namun sebaiknya pilihlah produk sunscreen yang punya fungsi hydrating, tetap ringan dan tidak menyumbat pori.

Anda dapat menggunakan produk sunscreen dengan water based atau aloe vera based yang bersifat ringan dan punya kemampuan menghidrasi secara baik.

Setelah mengetahui kelima tips meghidrasi kulit kering, apakah Anda akan langsung menerapkannya?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.