oleh

5 Cara Menjaga Kesehatan Bagi Para Pekerja Shift Malam

PortalMadura.Com – Terkadang profesi kita menuntut untuk kerja shift malam seperti dokter, perawat, pramugari, pilot, pengemudi, pegawai pabrik, jurnalis, staff percetakan, petugas keamanan, atau penjaga toko 24 jam.

Menurut National Sleep Foundation, waktu kerja ini sering dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti peningkatan risiko masalah metabolisme, penyakit jantung, gangguan pencernaan, obesitas, hingga kanker.

Kerja shift malam dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan DNA. Selain itu, kadar melatonin dalam tubuh juga menurun, ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur jam biologis tubuh. Namun, kita tetap bisa menjaga kesehatan tubuh selama kerja shift malam dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup.

Berikut tips menjaga kesehatan bagi mereka yang kerja shift malam.

1. Mengatur pola tidur

Kerja shift malam membuat kita harus tetap terjaga di malam hari. Padahal di malam hari, tubuh melepaskan hormon melatonin, yang membuata mengantuk dan kurang waspada. Pasalnya, memang tubuh dirancang untuk tidur di malam hari. Orang dewasa biasanya membutuhkan tidur antara 7-9 jam setiap malam. Kurang dari itu, kita akan mengalami “utang tidur.” Satu-satunya cara untuk membayar kembali utang tidur adalah untuk mengejar tidur yang dilewatkan, dan ini harus dilakukan sesegera mungkin.

2. Atur pola makan sehat

Seseorang yang kerja shift malam cenderung mengalami sindrom metabolik dan mengalami peningkatan risiko obesitas karena pola makan yang buruk dan gangguan jam biologis tubuh. Merencanakan pola makan dapat membantu kita tetap sehat selama kerja shift malam dan lebih rileks ketika akan tidur.

3. Tidur siang

Tidur siang termasuk hal yang penting dilakukan untuk kerja shift malam. Sementara tidur sebentar sebelum memulai jam kerja dapat membantu mengatasi kelelahan. Waktu istirahat selama bekerja penting dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Tidur siang telah terbukti meningkatkan dan memulihkan kekuatan otak. Tidur setidaknya selama 45 menit saat istirahat dari pekerjaan akan buat kita menjadi lebih segar. Bahkan tidur siang selama 20-45 menit juga telah terbukti bermanfaat bagi pekerja shift malam untuk menghilangkan rasa lelah. Idealnya, tidur siang tidak boleh melebihi 45 menit agar manfaatnya maksimal. Lebih dari itu, bisa-bisa kamu bangun pusing atau uring-uringan.

4. Atur jadwal shift

Mungkin di beberapa tempat kerja, jadwal shift sudah ditentukan dari pihak perusahaan. Namun, beberapa lainnya mungkin bisa kita tentukan sendiri. Jika bisa menentukan jadwal shift kerja, cobalah untuk tidak bekerja shift malam dalam waktu yang berturut-turut. Kita mungkin menjadi semakin kurang tidur selama beberapa malam di tempat kerja. Kita lebih mungkin untuk pulih jika dapat membatasi shift malam dan menjadwalkan hari libur di antaranya.

5. Batasi konsumsi kopi

Kafein adalah stimulan. Kebanyakan orang minum kopi untuk memulai hari kerjanya. Mengonsumsi kopi sesuai dengan dosis harian atau tidak berlebihan akan membantu tetap terjaga selama kerja shift malam. Namun, jika kamu mengonsumsi kafein atau kopi dengan berlebihan, justru dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan kejang otot. Konsumsi kopi harus dihentikan sekitar 6 jam sebelum tidur untuk memastikan bahwa stimulan tidak mempengaruhi tidur. (kompas.com/Anek)

Komentar