5 Cara Pilih Toko Online yang Tepat, Belanja Jadi Lebih Menyenangkan!

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Pilih Toko Online yang Tepat, Belanja Jadi Lebih Menyenangkan!
Ilustrasi (pluang.com)

PortalMadura.Com – Belanja kini semakin dipermudah oleh kecanggihan teknologi. Biasanya seseorang harus mendatangi toko atau pusat perbelanjaan dengan jangka waktu dan tenaga yang terkuras, belum lagi antrinya, sekarang sudah tidak lagi. Hanya dengan scrolling gawai sambil rebahan, sudah bisa beli barang yang diinginkan.

Tapi saat melakukan transaksi, tidak jarang membawa masalah bagi pembeli. Misalnya, penjual yang berbohong seputar kualitas barang, penjual yang tidak komunikatif atau fitur komplain yang tidak responsif, sampai dengan produk yang dibeli tidak kunjung datang.

Nah, agar belanja online Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan berikut ini sejumlah pertimbangan untuk memilih toko online terpecaya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (16/6/2022) dari laman Idntimes.com:

Belanja Lewat E-commerce

Anda bisa menemukan banyak penjual menawarkan produknya melalui media sosial. Hal seperti itu sah-sah saja. Tapi, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli suatu produk lewat e-commerce.

Kenapa belanja lewat e-commerce jauh lebih aman? Karena aktivitas belanja Anda dibantu oleh pihak perantara, dalam hal ini adalah pengelola e-commerce yang menghubungkan antara pembeli dengan penjual.

Ketika Anda membeli suatu barang lewat e-commerce, uang yang dibayarkan tidak serta-merta diterima oleh penjual. Pihak perantara akan menangguhkan pembayaran hingga barang yang dibeli tiba di tangan pelanggan.

Selain itu, kalau kualitas barang tidak sesuai, Anda juga bisa menyampaikan komplain atau bahkan mengajukan pembelian. Dengan demikian, penjual tidak bisa lagi berbohong. Menarik bukan!

Perhatikan Reputasi Toko

Reputasi suatu toko bisa dilihat dari berapa banyak orang yang belanja di toko tersebut, testimoni atau review pembeli, hingga berapa lama toko tersebut sudah beroperasi.

Anda juga bisa mengetahui reputasinya dari bagaimana toko online tersebut dikelola, baik dalam bentuk tampilan maupun pelayanan yang ditawarkan.

Toko yang memiliki pengalaman panjang dan beroperasi cukup lama bisa menjadi pertimbangan. Sebab, mereka sudah mengetahui cara untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Pilih Toko yang Komunikatif dengan Pembeli

Kalau Anda ingin membeli barang di toko online langsung, tanpa perantara e-commerce, pastikan Anda membelinya di toko dengan pelayanan komunikasi yang baik.

Hal ini penting supaya Anda bisa memastikan kualitas produk yang dibeli, ukurannya sudah pas atau belum jika membeli produk pakaian, hingga menanyakan ekspedisi apa yang digunakan.

Saat ini, sudah banyak toko yang menawarkan pelayanan customer service 24 jam. Tapi, masih ada juga yang menawarkan fitur tersebut dengan bantuan komputer atau robot, yang kadang mempersulit Anda dalam berkomunikasi atau justru pertanyaan Anda malah tidak terjawab.

Pilih Toko dengan Penawaran Menarik

Suatu toko biasanya memberikan penawaran menarik sebagai salah satu strategi penjualan. Bentuknya beragam, mulai dari diskon, bonus aksesoris, hingga pelayanan purchase order (PO).

Pelayanan PO sangat penting jika Anda tahu kalau barang yang dibeli diproduksi di luar negeri, terlebih dengan jumlah yang sedikit dan harga yang mahal.

Pertimbangkan Pelayanan After Sale-nya

Pertimbangan terakhir dalam memilih toko online adalah pelayanan after sale-nya. Sebelum Anda membayar, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda bisa mengembalikan barang apabila ada keluhan, seperti ukuran yang tidak tepat atau kualitas yang tidak sesuai dengan deskripsi.

Anda juga harus memastikan kalau toko tersebut bukan dropshipper atau pihak penadah, sehingga proses quality control bisa lebih terjaga, karena toko sudah mengenali dengan baik produk yang dijual.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.