5 Cara Rawat Alis Agar Tetap Sehat dan Tak Rontok

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Rawat Alis Agar Tetap Sehat dan Tak Rontok
Ilustrasi (Tokopedia)

PortalMadura.Com – Merawat sama pentingnya dengan merawat bulu mata atau rambut. Karena tidak hanya rambut yang rontok, alis pun jika tidak dirawat dengan baik juga bisa rontok. Jadi, alis termasuk salah satu bagian wajah yang sangat penting.

Bagaimana tidak, sekarang ini banyak wanita yang merasa kurang percaya diri ketika keluar rumah tanpa merias alisnya terlebih dahulu. Nah, agar alis tetap sehat dan tebal alami perlu melakukan perawatan yang tepat.

Cara Rawat Alis

Berikut yang benar:

Biarkan Tumbuh dengan Sempurna
Banyak orang tidak tahan untuk mencabut alisnya saat mulai tumbuh lebat tidak beraturan. Melakukan cabut alis dengan tujuan untuk merapikannya memang tidak salah. Akan tetapi, coba usahakan untuk tidak terus-menerus mencabutinya. Setidaknya berilah jeda 2 sampai 3 bulan setelah cabut alis terakhir.

Hal ini bertujuan agar alis bisa tetap tumbuh normal dengan bentuk alaminya. Hibba Kapil, seorang ahli alis asal Amerika Serikat, menyatakan bahwa mencabut rambut alis terlalu sering akan menjadikannya terlalu tipis atau tumbuh dengan bentuk yang aneh.

Sisir Alis dengan Rutin
Jangan hanya menyisir alis ketika hendak membentuknya. Mulai sekarang, sikatlah alis Anda dengan kuas khusus untuk membantu kulit mati di bawah alis terkelupas dan meningkatkan aliran darah di sekitarnya.

Cara ini tidak hanya merawat alis menjadi terlihat lebih rapi tetapi juga mendorong pergantian dan pertumbuhan rambut. Anda juga bisa menyempurnakan perawatan alis dengan mengoleskan minyak kelapa atau jarak untuk menjaganya tetap lembut, mudah diatur, dan tidak mudah rontok.

Makan Makanan Bernutrisi
Selain baik untuk kesehatan, makanan bernutrisi tinggi seperti biotin dan zinc mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku. Tidak hanya itu, protein juga bisa membantu alis tumbuh lebih tebal.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Merawat Alis Supaya Tampak Natural

Beberapa vitamin dan mineral lain yang membantu kesehatan serta pertumbuhan alis, yaitu vitamin E, B12, dan asam lemak omega 3. Jika Anda merasa belakangan ini alis mengalami kerontokan, cobalah konsumsi berbagai nutrisi penting tersebut sebagai langkah perawatan alis secara alami.

Cabut Alis Setelah Mandi
Cara mudah untuk merawat alis tetap rapi dan berbentuk bagus memang dengan mencabutnya. Namun, pastikan Anda mencabut alis setelah mandi. Sebab saat mandi, terutama dengan air hangat, pori-pori tubuh akan terbuka.

Mandi air hangat juga membantu melembutkan folikel rambut alis dan membuat area kulit di sekitarnya terhindar dari kemerahan dan iritasi. Terlebih, cara ini juga dapat mengurangi rasa sakit akibat mencabut alis.

Tidak Mengoleskan Produk Perawatan Kulit Wajah ke Alis
Produk perawatan kulit wajah yang dioles ke alis ternyata bisa merusaknya secara perlahan. Cara yang dikira bisa merawat alis ini, justru menyebabkan rontok dan menghambat pertumbuhannya.

Berbagai produk seperti krim wajah, pelembap, dan tabir surya mengandung banyak sekali bahan kimia. Untuk itu, berhati-hatilah saat memakai produk perawatan kulit wajah. Meski terkesan sepele dan sering dilupakan, menjaga kesehatan alis dengan perawatan yang tepat sebaiknya juga Anda lakukan mulai sekarang.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.