oleh

5 Cara Temukan Jodoh di Jalan Allah

PortalMadura.Com – Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam urusan cinta. Gonta ganti pasangan kadang menjadi pilihan seseorang sebagai salah satu upaya mencari kecocokan jiwa.

Sebagian yang lain, mereka memilih untuk setia pada pasangannya dengan harapan pasangan tersebut merupakan kiriman Tuhan yang akan mendampingnya di dunia hingga akhirat.

Pacaran dalam Islam memang dilarang karena dianggap sebagai aktivitas yang mendekati zina, dan Allah melarang keras akan hal itu. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (12/10/2019) dari laman okezon.com yang dikutip dari beberapa sumber.

Berikut beberapa cara yang mungkin membantu Anda dalam mendekatkan jodoh menurut Islam, antara lain:

Berdoa kepada Allah dengan Sungguh-sungguh

Dalam salah satu suratnya, Allah berfirman : ”Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)Ku, dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. [Al-Baqarah : 186].

Berdoalah dengan sungguh-sungguh mengenai jodoh Anda, sebutkan setiap kriteria yang Anda inginkan secara spesifik dan jangan meminta secara tergesa-gesa. Niscaya Allah akan membukakan jalan untuk menemukan jodoh terbaik Anda.

Memperbaiki Diri Karena Allah

Banyak yang mengatakan bahwa “jodoh kita adalah cerminan dari diri kita sendiri”. Maka dari itu, tidak ada salahnya dan dianjurkan untuk berusaha memperbaiki diri dan memohon semoga Allah mendatangkan jodoh Anda.

Mungkin saja salah satu alasan mengapa Allah belum mempertemukan Anda dengan jodoh yaitu karena Anda belum sepenuhnya pantas untuk menjalin sebuah kehidupan bersama orang lain.

Loading...

Baca Juga : Cari Jodoh? Perhatikan 3 Hal Ini

Bertakwa kepada Allah

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3)

Bertakwa berarti menaati perintah Allah dan menjauhi larangannya. Dari penggalan ayat di atas, sudah jelas bahwa ketakwaan akan mendatangkan rido Allah dan membukakan jalan keluar dari setiap masalah dan menganugerahkan Anda rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Jika Anda sedang cemas karena jodoh yang tidak kunjung datang, bertakwa kepada-Nya adalah salah satu cara terbaik karena jodoh juga merupakan salah satu rezeki dari Allah SWT.

Senantiasa Beristighfar

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

Salah satu keutamaan beristigfar yaitu Allah akan memberikan kelapangan dalam setiap kesulitan dan memberikan rezeki dari hal yang tidak disangka-sangka. Setiap kesulitan, bahkan termasuk jodoh Anda.

Tahajud

“Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Rabb-mu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Rabb-mu ketika kamu bangun berdiri, dan bertasbihlah kepada-Nya pada be-berapa saat di malam hari dan waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar).” [Ath-Thuur/52: 48-49]

Salah satu waktu mustajab berdoa yaitu pada waktu sepertiga malam. Dalam usaha mendekatkan jodoh, rutinkanlah salat tahajud dan berdoalah dengan sungguh-sungguh, Insya Allah akan dipermudah.


Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : okezone.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar