5 Cara yang Dapat Dilakukan Orang Tua untuk Membantu Anak Menghadapi Kegagalan

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara yang Dapat Dilakukan Orang Tua untuk Membantu Anak Menghadapi Kegagalan
Ilustrasi (minews.id)

PortalMadura.Com – Kegagalan adalah bagian dari kehidupan dan itulah yang perlu orangtua sampaikan kepada anak-anak, ketimbang menghukum mereka. Belajar dari kegagalan adalah hal penting yang harus diajarkan pada anak sejak dini.

Banyak orang tua mengabaikan perasaan anak yang sedang menghadapi kegagalan, karena mereka menganggap bahwa kegagalan merupakan bagian dalam fase kehidupan yang dapat mengajarkan banyak hal berharga. Namun bukan itu yang mereka butuhkan saat mengalami kegagalan.

Dilansir dari laman Fimela.Com, Senin (28/6/2021), berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua untuk menyampaikan pesan dan semangat ketika anak mengalami kegagalan.

Perhatikan Reaksi Anak

Lihatlah reaksi anak saat mereka mengalami kegagalan. Apakah dia bahagia karena dia mencoba yang terbaik? Apakah dia marah pada dirinya sendiri karena gagal? Jika dia marah atau kesal pada dirinya sendiri atau karena kehilangan, cobalah membuatnya menyalurkan perasaan itu menjadi keinginan untuk mencoba yang terbaik di lain waktu.

Baca Juga:  Lucu, Unik dan Seru, Filosofi Lomba Estafet Sarung Ibu-Ibu PKK Sumenep

Fokus pada Masa Depan

Berbicara tentang kegagalan, cobalah berfikir untuk fokus pada bagaimana melakukannya dengan lebih baik di lain waktu. Ingatkan anak bahwa apa pun yang salah bisa menjadi alat yang sangat berguna dan mendidik untuk mengetahui apa yang harus dilakukan atau tidak dilakukan di masa depan. Hal itu bisa menjadi sebuah pelajaran untuk anak.

Menekankan pada Proses Daripada Hasil

Bicarakan pada anak tentang apa hal yang menyenangkan, apa yang anak suka dan tidak suka, serta apa yang menurut dia bisa dilakukan lebih baik di lain waktu. Bantu dia menyalurkan energinya untuk menyusun strategi masa depan dan fokus pada kesenangan dan kepuasan belajar daripada kemenangan.

Baca Juga:  Tasyakuran Asyura, Bupati Sumenep Bongkar Filosofi Religius Lagu Perdananya

Bantu Dia untuk Melihat Melalui Perspektif Lain

Pastikan untuk memberi tahu anak bahwa hasil ini tidak menentukan siapa dia dan ada banyak hal yang disukai. Bicaralah dengannya tentang saat-saat Anda gagal pada sesuatu sebelumnya dan apa yang Anda lakukan untuk mengubah hasil di waktu berikutnya.

Yakinkan dia bahwa kesalahan adalah sesuatu yang dibuat oleh semua manusia. Itu salah satu hal mendasar yang menjadikan kita semua manusia, fakta bahwa kita tidak selalu melakukannya dengan benar.

Melakukan Sesuatu yang Menyenangkan

Tingkatkan kepercayaan diri dengan melakukan sesuatu yang dia sukai dan kuasai. Beristirahat dari masalah yang sedang dihadapi dapat membuatnya fokus pada strategi dan gagasan baru tentang cara menangani masalah dengan baik di lain waktu.

Baca Juga:  Temui Paskibraka, Bupati Sumenep Ingatkan Fokus Latihan dan Jaga Kesehatan

Yakinkan anak bahwa orang tua yang selalu mendukungnya dan akan selalu ada untuknya, untuk membicarakan perasaan dan pemikirannya tentang kesalahanyang dia lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.