5 Efek Samping Gunakan Jeruk Nipis untuk Perawatan Kulit

Avatar of PortalMadura.com
5 Efek Samping Gunakan Jeruk Nipis untuk Perawatan Kulit
Ilustrasi (Suara.Com)

PortalMadura.Com atau lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C dan kaya antioksidan yang dapat melawan radikal bebas di kulit. Selain itu, juga bisa membantu meningkatkan kadar kolagen sehingga kulit terlihat halus dan lembut.

Namun ternyata, untuk mengatasi beberapa masalah kulit dengan menggunakan jeruk nipis tidak bisa langsung dioleskan langsung pada kulit. Karena bisa menyebabkan efek samping yang merusak kulit. Lantas, efek samping apa saja yang ditimbulkan jika jeruk nipis langsung dioleskan ke kulit?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini beberapa bahaya penggunaan jeruk nipis yang langsung dioleskan pada kulit khususnya wajah:

Membuat Kulit Semakin Sensitif

Jeruk nipis mengandung zat asam yang tinggi, sehingga saat diaplikasikan ke kulit bisa membuat kulit jadi sensitif.

Menyebabkan Kulit Iritasi

Seorang praktisi kesehatan holistic, mengatakan jeruk nipis bisa menimbulkan beberapa efek samping berupa kulit iritasi seperti kemerahan dan kekeringan.

Menimbulkan Hiperpigmentasi pada Kulit

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology pada tahun 2010, merawat kulit berjerawat dengan menggunakan jeruk nipis berisiko lebih tinggi mengalami hiperpigmentasi akibat jaringan parut jerawat.

Menyebabkan Luka Bakar

Alih-alih menjadi cerah, kulit jadi menghitam akibat jeruk nipis sangat mungkin terjadi. Dokter estetika dan perawatan kulit, Dr. Cynthia Cobb mengatakan, hal ini bisa disebabkan oleh efek kulit terbakar akibat kerasnya zat asam pada jeruk nipis, sehingga pada beberapa kasus menyebabkan kulit jadi menghitam.

Memperparah Kondisi Jerawat

Mengandalkan jeruk nipis untuk jerawat justru bisa memperparah kondisinya. Akibatnya peradangan pun semakin parah.

Lemon memang memiliki banyak manfaat untuk kulit Anda, tetapi mungkin tidak seperti yang Anda pikirkan pada awalnya. Salah satu hal terbaik yang dimiliki lemon untuk mereka adalah kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C, juga disebut asam askorbat, digunakan dalam banyak produk perawatan kulit.

Namun, mengaplikasikan lemon secara langsung ke kulit bukanlah cara terbaik untuk memberikan vitamin c pada kulit. Alih-alih mengoleskannya ke kulit, minumlah jus lemon sebagai gantinya. Minum air dengan perasan atau dua lemon segar adalah cara yang jauh lebih baik untuk memasukkan manfaat kulit lemon ke dalam rutinitas harian Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jeruk secara oral dapat mengurangi pembentukan kerutan dan meningkatkan kolagen. Yang lain menyarankan bahwa minum jus jeruk dapat memberikan efek perlindungan terhadap jenis kanker kulit tertentu.

Minum jus jeruk juga memberikan efek anti-penuaan. Jus jeruk membantu mengurangi kerusakan sel saat tertelan, jadi tidak perlu mengolesi kulit.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.