5 Hal yang Harus Dipersiapkan Jelang Ramadan

Avatar of PortalMadura.Com
5 Hal yang Harus Dipersiapkan Jelang Ramadan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tidak terasa, sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadan. Sebagai seorang muslim, sudah sepatutnya kita bergembira dalam menyambut bulan penuh rahmat tersebut. Namun, di tengah-tengah kegembiraan, kita juga perlu melakukan sejumlah persiapan sebelum benar-benar memasuki bulan suci Ramadan. Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memasuki bulan suci Ramadan

Persiapkan Niat

Bukan sekedar berdoa ‘saya berniat untuk puasa Ramadan'. Namun juga niat apa saja yang akan dilakukan saat bulan puasa telah tiba. Seperti berniat untuk mengkhatamkan Al-Quran sebanyak 3 kali selama bulan puasa berlangsung, atau ingin bersedekah ke panti asuhan, dan lain sebagainya.

Persiapkan Kesehatan Fisik

Fisik yang sehat diperlukan untuk kita menjalankan puasa di bulan suci nanti. Perubahan ini pasti membuat fisik kita kaget. Maka dari itu, mulailah untuk mempersiapkan fisik dengan mengurangi makan anda sedikit-demi sedikit. Anda bisa dengan melakukan puasa sunah, atau sekalian bagi yang belum mengganti hutang puasa lalu, bisa juga diganti di saat-saat seperti ini.

Persiapkan Kesehatan Psikis

Jika fisik sudah sehat maka persiapkan juga psikis kita. Karena dalam bulan suci , fisik dan psikis akan sama-sama diuji, fisik diuji dengan lapar dan haus, sedangkan psikis akan diuji dengan emosi marah, sakit hati, iri, nafsu. Nah, agar tidak terlalu berat, dari sekarang latih psikis kita agar bisa dikontrol.

Mengulang Kajian tentang Puasa

Bulan puasa hanya dilakukan satu tahun sekali jadi tdak ada salahnya sebelum memasuki puasa kita mempelajari hal-hal seperti mempelajari syarat-syarat diterimanya puasa, hal-hal yang membatalkannya, hukum berpuasa di hari syak (meragukan), perbuatan-perbuatan yang dibolehkan dan dilarang bagi yang berpuasa, adab-adab dan sunnah-sunnah berpuasa, hukum-hukum shalat tarawih, hukum-hukum yang berkaitan dengan orang yang memiliki udzur seperti mengadakan perjalanan, sakit, hukum-hukum yang berkaitan dengan zakat fitri dan lain-lain.

Mulai Atur Kembali Keuangan

Salah satu ibadah utama dalam bulan Ramadan yakni bersedekah, dimana pahala dari sedekah ini akan diganti dengan berlipat ganda bahkan bisa sampai 700 kali lipat. Suatu kesempatan yang hanya ada di bulan Ramadan saja, maka agar dapat mengoptimalkan sedekah kita nanti, tidak ada salahnya jika Anda mulai merencanakan berapa banyak uang yang akan kita keluarkan untuk sedekah di bulan Ramadan nanti.

Nah, dari sekarang mari kita persiapkan diri kita sebaik mungkin dalam memasuki bulan suci Ramadan agar ibadah kita optimal dan lebi baik dari Ramadan sebelumnya.(ummi-online.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.