oleh

5 Hal yang Wajibkan Umat Islam Mandi Besar

PortalMadura.Com – Bagi umat Muslim yang berhadas besar wajib membersihkan diri dengan mandi wajib atau mandi junub. Hal itu dilakukan dengan membasahi seluruh anggota badan dari ujung kepala sampai kaki.

Ada beberapa hal yang mengharuskan umat Muslim untuk mandi besar atau mandi junub. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya:

Keluar Mani Baik Disengaja atau Tidak, Dalam Keadaan Tidur atau Jaga
Rasulullah SAW bersabda: “Air itu dari air.”
Selain itu ada juga hadis lain dari Ali bin Abi Thalib ra. Bahwa Rasulullah SAW bersabda: ”Bila air mani memancar, maka mandilah,” (HR. Abu Daud).

Maksudnya air yang pertama air untuk mandi dan air kedua karena keluar air mani. Sedangkan mimpi (sweet dream) bila ternyata tidak ada tanda bekas mani, tidak mewajibkan mandi karena yang menentukan yaitu keluar tidaknya air mani, bukan mimpinya.

iklan hari santri

Hubungan Suami Istri Walau Hanya Bersentuhan Kelamin Tanpa Penetrasi
Rasulullah SAW bersabda: “Bila dua kelamin bertemu maka telah wajib mandi.”

Selesai Haid atau Nifas
Wanita yang telah selesai dari haid atau nifas maka wajib mandi janabah sebelum boleh melakukan ibadah seperti shalat, puasa, membaca Al-Quran, thawaf, dan lain-lain.

Masuk Islam
Seseorang yang sebelumnya kafir, maka ketika masuk Islam wajib mandi janabah. Hal itu didasarkan pada apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika Tsumamah al-Hanafi masuk Islam. Dia diperintahkan untuk mandi dan shalat dua rakaat. Saat itu beliau bersabda: ”Masuk islamnya saudaramu itu sangat baik.”

Meninggal
Menurut ijma‘ ulama, seorang muslim bila meninggal dunia wajib mandi, maksudnya dimandikan karena mayat tidak mungkin mandi sendiri. (islampos.com/Desy)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.