5 Hikmah Sujud Sahwi dalam Kehidupan Sehari-hari

Avatar of PortalMadura.com
5 Hikmah Sujud Sahwi dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi (Pikiran-Rakyat.com)

PortalMadura.Com merupakan gerakan sujud yang dilakukan ketika seseorang melakukan kesalahan atau ragu-ragu dalam salatnya, seperti ragu atau lupa akan rakaatnya. Hal ini tentunya bisa dilakukan semua umat muslim, karena manusia tempatnya salah dan lupa.

Setiap hal yang umat manusia lakukan atas dasar beribadah kepada Allah SWT pastilah memiliki hikmah yang terkandung di baliknya. Begitu juga dalam sujud sahwi. Lantas, apa yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari beberapa sumber, berikut ini penjelasannya:

Hikmah Sujud Sahwi

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa sujud sahwi dilakukan karena seseorang melakukan kesalahan, ragu-ragu, ataupun lupa ketika salat. Hal ini lumrah terjadi karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Lantas, bagaimana dengan hikmah di balik sujud sahwi?

Dilansir dari buku ‘Fikih Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII' karya Haji Ahmad Ahyar dkk, serta beberapa sumber lain, berikut adalah hikmah di balik sujud sahwi:

1. Menyadari jika manusia merupakan tempatnya salah dan lupa, sehingga manusia tidak boleh sombong dan angkuh.

2. Sebagai penyempurna kekurangan dan kecerobohan ketika melaksanakan salat.

3. Menggenapkan pahala.

4. Menghinakan setan.

5. Menumbuhkan kesadaran bahwa manusia adalah makhluk yang lemah dan menyadari keagungan Allah SWT.

Tata Cara Sujud Sahwi

Sedangkan tata cara sujud sahwi adalah sebagaimana saat melakukan sujud pada saat salat. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Syekh Ahmad bin Muhammad al-Khatib dalam kitab ‘Mughnil Muhtaj' yang artinya: “Tata cara sujud sahwi seperti sujud salat di dalam kewajiban dan kesunahannya. Misal, meletakkan dahi, thuma'ninah, menahan dan menundukan ketika sujud, duduk iftirasy saat duduk di antara sujud sahwi, duduk tawaruk ketika selesai melakukan sujud sahwi, dan membaca zikir seperti biasanya di dalam sujud salat” (Mughnil Muhtaj, 438).

Saat melakukan sujud sahwi , para ulama menganjurkan untuk membaca doa berikut: “Subhana man laa yanaamu wa laa yas-huw” (Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa).”

Itulah hikmah sujud sahwi sebagai pengingat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga jelas dan bermanfaat.
Allahu a'lam bisshawab.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.