5 Ide Bisnis Rumahan Menarik di Bulan Ramadan, Berani Coba?

Avatar of PortalMadura.com
5-Ide-Bisnis-Rumahan-Menarik-di-Bulan-Ramadan,-Berani-Coba
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan. Bulan yang sangat dinanti-nanti oleh semua umat Muslim. Selain dengan melakukan ibadah puasa, biasanya bulan suci ini juga dijadikan sebagai peluang membuka usaha.

Walaupun Ramadan kali ini sedikit berbeda dari dua tahun sebelumnya lantaran ada batasan terkait penyebaran virus corona yang tidak kunjung berakhir, tapi hal itu tidak menjadikan Anda lantas pesimis untuk berusaha bukan?. Nah, oleh karena itu, mari memulai membuka bisnis rumahan di bulan Ramadan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ada beberapa ide bisnis di bulan Ramadan yang patut dicoba seperti dilansir Idntimes.co, versi GoBiz:

Berdagang Takjil untuk Buka Puasa

Tentunya, usaha kudapan untuk berbuka puasa atau takjil punya peluang besar di bulan Ramadan. Apalagi, saat ini masyarakat sudah mulai beraktivitas di luar rumah, tidak seperti dua tahun sebelumnya yang lebih banyak di rumah, termasuk lebih mengutamakan untuk mengonsumsi masakan buatan sendiri.

Jadi, di bulan Ramadan tahun ini jadi kesempatan untuk memulai usaha takjil. Kudapan yang disediakan bisa beragam, misalnya gorengan, bubur, kolak, es pisang ijo, es buah, dan sebagainya. Pada umumnya, berjualan takjil tidak membutuhkan modal besar, terutama jika produksinya dilakukan sendiri di rumah.

Bisnis Kurma dan Buah-buahan Lain

Buah yang satu ini adalah menu andalan selama bulan Ramadan. Meski kurma tidak tumbuh di Indonesia, tapi banyak masyarakat yang menyukai buah tersebut.

Bisnis kurma adalah salah satu ide yang patut dicoba di bulan Ramadan tahun ini. Selain identik dengan bulan Ramadan dan Idul Fitri, kurma juga punya keunggulan yakni tahan lama alias tidak mudah busuk.

Kue Kering dan Parsel Idul Fitri

Meski Idul Fitri masih jauh, namun tidak ada salahnya menyiapkan bisnis kue kering dan parsel dari jauh-jauh hari. Lebih bagus lagi, jika Anda menyiapkan bahan-bahan baku yang bisa disimpan lama dari sebelum Ramadan, untuk mendapatkan harga normal.

Seperti diketahui, setiap tahun bahan-bahan kebutuhan pokok, terutama sembako melonjak harganya di bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Anda juga bisa membeli alat-alat yang diperlukan untuk membuat parsel sebelum harganya juga naik.

Usaha Laundry

Biasanya, jasa mencuci pakaian atau laundry cukup laris di bulan Ramadan. Melakukan laundry bukanlah pekerjaan yang ringan, justru melelahkan. Bagi orang-orang yang sibuk bekerja di bulan Ramadan, jasa laundry adalah penolong.

Anda bisa menyediakan jasa laundry kiloan untuk cuci kering, cuci dan setrika, atau setrika saja. Lalu, untuk menguatkan basis pelanggan, coba tawarkan jasa antar-jemput laundry. Sehingga, pelanggan lebih dipermudah. Pada akhirnya, Anda bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menawarkan paket laundry per bulan, disertai diskon yang masuk akal.

Jasa Cuci Kendaraan

Seperti disebutkan di atas, aktivitas masyarakat di tahun ini lebih tinggi. Jalanan di kota-kota besar pun sudah kembali mengalami kemacetan, terutama di jam-jam sibuk. Dengan demikian, pemakaian kendaraan pribadi mulai meningkat kembali.

Kondisi itu membuat kendaraan akan lebih cepat kotor, dan harus lebih cepat dibersihkan atau dicuci. Untuk menjawab kebutuhan itu, Anda bisa menawarkan jasa cuci kendaraan langsung datang ke rumah. Sehingga, untuk mengakses jasa cuci kendaraan milik Anda lebih mudah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.