oleh

5 Jenis Tanah Liat dan Manfaatnya untuk Kecantikan

PortalMadura.Com – Tanah liat tidak hanya berguna untuk membuat berbagai macam kerajinan, namun bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan kulit. Pasalnya, kandungan yang terdapat dalam tanah liat mampu mengeluarkan toksisitas dalam tubuh.

“Bagian terbaik dari tanah liat adalah memiliki kemampuan untuk mengeluarkan toksisitas dan kotoran dari permukaan kulit serta merupakan bagian integral dari regimen kecantikan musim panas. Ini bekerja untuk kulit normal hingga berminyak, memiliki tekstur yang bagus dan tersedia dalam banyak jenis,” kata Konsultan Dokter Kulit, Dr Shefali Trasi.

Manfaat lain dari tanah liat, yaitu melawan jerawat, mendetoksifikasi kulit, dan meningkatkan warna kulit serta menghilangkan efek buruk dari paparan matahari. Cara penggunaannya pun cukup mudah, campurkan tanah liat dengan air dingin hingga menjadi pasta. Anda bisa menambahkan air mawar atau serum.

Aplikasikan di wajah Anda selagi masih basah. Karena ketika basah, memungkinkan kulit akan menyerap mineral di dalamnya lebih mudah. Selanjutnya, aplikasikan secara ringan pada wajah dengan gerakan yang halus. Pastikan tidak menyimpan tanah liat dalam wadah logam. Gunakan botol kaca sebagai gantinya.

Untuk itu, berikut ini lima jenis tanah liat dan manfaatnya untuk kecantikan, seperti dilansir okezone.com yang mengutip dari Times of India:

Fuller’s Earth

Fuller Earth atau yang lebih dikenal dengan sebutan multani mitti sering kali dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Bahkan, jenis tanah liat yang satu ini telah lama digunakan oleh nenek moyang sebagai alat kecantikan.

Tanah liat multani mitti secara efektif menyerap minyak dan racun dari kulit dan bertindak sebagai antiseptik. “Gunakan dengan air mawar karena memiliki kecenderungan membuat kulit menjadi kering,” kata dermatologis Dr Rinky Kapoor.

Loading...

Tanah Liat Bentonit

Tanah liat bentonit juga disebut abu vulkanik. Tanah liat ini sangat bermanfaat untuk menyamakan warna kulit dan menyingkirkan kotoran. “Bentonite memiliki sifat penyamaan warna kulit. Ion yang bermuatan negatif di dalamnya bisa mengeluarkan racun dan kotoran ke permukaan kulit. Tanah liat itu keropos, mudah diserap dan digunakan untuk eksim,” ujar Dr Saumya Shetty Hegde.

Baca Juga: Hindari Produk Berbahan Kimia, Begini Cara Buat Body Scrub dari Tanah Liat

Tanah Liat Merah

“Ini adalah tanah liat yang sangat efektif. Tanah ini dapat membersihkan kulit dan mencerahkannya, menjadikannya segar. Tanah Liat Merah ini juga mengurangi pori-pori terbuka. Oleskan dan biarkan selama 20 menit lalu bilas,” ujar Dr Hegde.

Tanah Liat Rhassoul

Tanah liat rhassoul Maroko bersumber dari Pegunungan Atlas Maroko yang memiliki kandungan mineral seperti magnesium, kalium, kalsium dan silika. Kandungan tersebut dipercaya dapat menstabilkan keseimbangan minyak kulit.

Salah satu manfaat terbesarnya, adalah memiliki muatan elektromagnetik negatif yang tinggi sehingga dapat mengeluarkan komedo dan kotoran lainnya. Karena memiliki efek pemanasan, tanah liat jenis ini juga dapat mengurangi rasa sakit rematik.

Tanah Liat Biru Cambrian

Tanah liat jenis ini merupakan tanah liat langka yang berasal dari danau di Siberia. Tanah yang satu ini bisa sebagai detoksifikasi yang kuat dan dapat membuka pori-pori, mengurangi noda hingga mengembalikan epidermis.

Tanah liat yang berwarna biru ini bisa ditemukan di masker wajah, sabun perawatan kulit dan garam mandi detoksifikasi. Sebab, kandungan mineralnya yang kuat, tanah liat biru Cambrian ini memiliki sifat detoksifikasi yang sangat baik. Selamat mencoba!


Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar