5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bikin Anda Gemuk

  • Bagikan
Kebiasaan yang menggemukkan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bukan hanya di sebabkan faktor makanan, kebiasaan di pagi hari juga akan mempengaruhi barat badan. Banyaknya orang gagal diet karena memulai hari dengan cara yang salah.

Oleh karena itu, jika tidak ingin berat badan Anda bertambah gemuk, maka momen bangun tidur di pagi hari menjadi pondasi untuk menentukan kelancaran usaha Anda menurunkan berat badan ke ukuran ideal. Selain itu, berikut beberapa ritual pagi yang bisa mengacaukan program diet Anda. Apa saja?

Ini dia daftarnya:

Bangun Kesiangan
Anda semua seperti sudah tahu, kurang tidur bisa membuat berat badan naik, karena hal ini membuat kadar kortisol di tubuh meningkat yang membuat selera badan bertambah. Namun ternyata, hal sebaliknya tidur terlalu banyak juga tidak baik untuk Anda.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One menemukan, tidur lebih dari 10 jam semalam bisa meningkat risiko Indeks Massa Tubuh (IMT) dibanding mereka yang tidur 7 sampai 9 jam per malam. Jadi, pastikan Anda tidur dalam jumlah yang cukup tidak lebih.

Bersiap Dalam Gelap
Jika Anda tetap menutup gorden setelah bangun, Anda bisa melewatkan keuntungan yang bisa membuat berat badan turun dari cahaya matahari. Begitu menurut peneltian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One.

Penulis studi ini mengatakan, orang-orang yang mendapat sinar matahari pagi memiliki IMT yang lebih jauh lebih rendah dibanding mereka yang tidak atau tidak peduli seberapa banyak mereka makan.

Menurut studi ini, hanya dengan 20 sampai 30 menit di bawah matahari pagi sudah mempengaruhi IMT Anda, bahkan saat mendung. Ini karena tubuh akan menyesuaikan jam tubuh termasuk metabolisme yang akan membakar kalori.

Tidak Merapikan Tempat Tidur
National Sleep Foundation survei menunjukkan, mereka yang merapikan tempat tidur setiap pagi memiliki kualitas tidur 19 persen lebih baik dibanding yang tidak. Dan karena tidur nyenyak membuat IMT Anda lebih rendah, maka tidak ada salahnya merapikan kasur dimasukkan jadi ritual wajib pagi hari Anda.

Hal ini mungkin terdengar konyol, tapi Chales Duhigg, penulis dari The Power of Habit, menulis di bukunya bahwa merapikan tempat tidur bisa mendorong Anda pada kebiasaan baik lainnya, seperti makan siang yang sehat.

Di saat yang sama, Duhigg juga menulis bahwa mereka yang rutin merapikan tempat tidur lebih disiplin dalam menjaga pengeluaran disiplin diri yang juga bisa Anda terapkan dalam menjaga kalori yang Anda konsumsi setiap harinya.

Melewatkan Timbangan
Ketika para peneliti dari Cornell University mentrak 162 wanita dan pria obesitas selalu dua tahun, mereka menemukan, mereka yang selalu menimbang secara teratur lebih sukses menurunkan berat badan dan menjaganya.

Dan waktu terbaik untuk mengecek timbangan adalah saat Anda bangun tidur, ketika berat Anda sedang rendah-rendahnya, ujar Lisa Jones, RD, juru bicara dari Pennsylvania Academy of Nutrition and Diebetics. Tidak hanya angka timbangan akan lebih akurat, Anda juga bisa melakukan penyesuaian saat angka timbangan lebih tinggi dari yang Anda perkirakan.

Melewatkan Sarapan
Para peneliti dari Tel Aviv University menemukan, pediet rendah karbohidrat yang makan sarapan dengan nutrisi seimbang lebih bisa mengontrol rasa lapar dan keinginan ngemil, dibanding mereka yang mengonsumsi sarapan 300 kalori rendah karbohidrat.

Mereka juga lebih disiplin bertahan dalam batas kalori harian. Belum lagi, mereka juga memiliki kadar hormon lapar, ghrelin, yang lebih rendah setelah makan. Para peneliti mengatakan, memenuhi keinginan makan di pagi hari membantu Anda mengontrol rasa lapar sepanjang hari.

Nah, ladies demikian 5 hal yang perlu Anda perhatikan agar berat badan tidak naik karena kebiasaan di pagi hari. Semoga informasi ini bermanfaat. (vemale.com/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.