5 Kebiasaan yang Percepat Penuaan Kulit, No 3 Sering Dilakukan

  • Bagikan
5-Kebiasaan-yang-Percepat-Penuaan-Kulit,-No-3-Sering-Dilakukan
Ilustrasi (merahputih.com)

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, banyak orang khususnya kaum perempuan yang mendambakan kondisi kulit yang awet muda atau jauh dari kata penuaan dini. Karena, kulit yang terawat dan sehat tentunya bikin penampilan tampak lebih segar.

Tapi sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa ternyata proses penuaan dini terjadi secara tiba-tiba. Penyebabnya, bisa karena kesalahan pola hidup dan kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan. Mau kulit tetap awet muda tapi tidak merawatnya, mana bisa?.

Oleh karena itu, untuk menghindari penuaan dini, sebaiknya Anda hindari kebiasaan-kebiasaan berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (3/11/2021) dari laman Okezone.com:

Menggosok Mata Secara Terus Menerus

Kantung bawah mata adalah bagian dari proses penuaan alami, dan terjadi ketika otot-otot di sekitar mata melemah. Bagi kebanyakan orang, menggosok mata bukanlah masalah dan tidak akan menyebabkan efek samping permanen.

Tetapi menggosok mata terus menerus dapat menimbulkan masalah dengan meningkatkan peradangan di daerah tersebut. Selain itu, menggosok mata secara terus-menerus juga dapat memengaruhi garis di sekitar mata Anda yang membuat kulit di area mata terlihat lebih tua.

Kurang Tidur

Melewatkan waktu tidur dapat menimbulkan garis-garis halus di wajah Anda dari waktu ke waktu. Sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2015 di Clinical and Experimental Dermatology melibatkan 60 wanita menemukan bahwa tidur yang buruk (didefinisikan sebagai lima jam atau kurang) dikaitkan dengan peningkatan tanda-tanda penuaan, penurunan fungsi elastisitas kulit yang lebih buruk, dan kepuasan yang lebih rendah dengan penampilan.

Oleh karena itu, selalu usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup. Jam tidur yang cukup akan membuat proses perbaikan jaringan kulit jadi lebih optimal.

Sering Menggunakan Sedotan

Apakah Anda minum sering menggunakan sedotan? Rupanya, kebiasaan tersebut bisa menjadi penyebab penuaan dini pada kulit lebih cepat loh. Pasalnya, minum menggunakan sedotan dapat menyebabkan garis-garis halus di sekitar mulut Anda, yang merupakan tanda penuaan kulit.

Menurut laporan dari Everyday Health, mengatakan ketika Anda menyesap sedotan, Anda mengaktifkan otot-otot di sekitar bibir. Semakin Anda mengaktifkan otot-otot itu, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan lipatan di kulit. Itu alasan yang sama mengapa perokok juga mengembangkan kerutan di sekitar mulut.

Stres

Apabila Anda kurang tidur karena stres, tubuh Anda akan memompa hormon penyebab stres yaitu Kortisol tanpa henti yang dapat menyebabkan penuaan dini. Munculnya hormone kortisol secara berlebihan akan memecah kolagen yang menyebabkan kulit kendur dan keriput serta menyebabkan peradangan.

Tidak Menggunakan Tabir Surya atau Sunscreen

Paparan sinar matahari dalam waktu lama bisa mengakibatkan penuaan dini pada kulit. Salah satu dampak buruk dari paparan sinar matahari yang terlalu lama adalah timbulnya bintik-bintik kehitaman dan kerutan pada kulit.

Nah, untuk menghindari terjadinya penuaan dini, ada baiknya Anda menggunakan tabir surya jika hendak beraktivitas di luar ruangan. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.