oleh

5 Kebiasaan yang Tidak Disadari Penyebab Komedo

PortalMadura.Com – Komedo muncur karena adanya kotoran yang tersumbat di pori-pori wajah Anda. Komedo berbeda dengan jerawat, ini bisa dilihat dari kedalamannya. Jerawat posisinya akan lebih dalam dibandingkan dengan komedo. Bagi Anda yang memiliki komedo di area hidung, pastinya ini akan mengganggu penampilan Anda.

Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkn komedo, namun sadarkah Anda bisa saja cara ini yang akan menyebabkan komedo muncul dan bahkan terus muncul. Dilansir dari laman Parenting.orami.co.id, Kamis (28/5/2020) kebiasaan buruk yang akan menyebabkan munculnya komedo

Memegang Wajah dan Memencet Komedo

Tanpa Anda sadari ternyata kebiasaan memegang wajah dapat menjadi penyebab utama munculnya komedo. Bahkan jika Anda memiliki kebiasaan memencet komedo dengan kuku, ini akan lebih memperparah kondisi kulit Anda yang berkomedo.

Kuku Anda yang tidak bersih dapat menyebabkan komedo semakin bertambah. Ini dapat memindahkan bakteri, kotoran, dan debu dari kuku Anda ke kulit wajah Anda.

Hindari kebiasaan untuk memencet komedo dan jika ingin membersihkan kulit wajah, sebaiknya Anda gunakan tisu bersih.

Mencuci Wajah Terlalu Sering dan Berlebihan

Jika Anda berfikir dengan mencuci wajah setiap saat dapat membantu membersihkan wajah Anda dengan baik, sebenarnya ini kebiasaan yang kurang benar.

Anda sering mencuci wajah malah akan menimbulkan masalah pada kulit wajah Anda. Mencuci wajah terlalu sering malah akan membuat kulit wajah menjadi kering, mudah menua, dan rentan iritasi yang akan menimbulkan munculnya komedo.

Konsumsi Makanan

Anda menyukai makanan yang tinggi akan lemak, maka mulai saat ini utuk mengurangi kebiasaan ini. Selain baik untuk kesehatan, mengurangi konsumsi makanan berlemak juga baik untuk kecantikan.

Makanan seperti susu, gula, lemak yang tinggi dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga dapat memunculkan komedo bahkan jerawat. Konsumsilah jenis makanan ini sewajarnya jangan berlebihan dan imbangi dengan makanan yang mengandung serat yang tinggi.

Makeup

Makeup bisa menjadi penyebab munculnya komedo di permukaan wajah Anda. Ini terjadi karena kosmetik dapat menyumbat pori-pori wajah. Pilihlah kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

Menggunakan kosmetik secara berlebihan atau tebal dapat menyumbat pori-pori sehingga pori-pori akan membesar. Ini menyebabkan kotoran dan minyak bertumpuk. Bersihkan wajah Anda setelah menggunakan makeup agar sisa makeup tidak memicu munculnya komedo.

Terpapar Sinar Matahari

Kegiatan Anda sering di luar rumah dan terpapar matahari secara langsung dapat merusak produksi kolagen dan elastin wajah Anda. Sehingga menyebabkan kulit semakin kendur dan menua.

Terpapar sinar matahari bukan hanya menyebabkan kulit menjadi keriput tapi juga komedo akan muncul karena pori-pori wajah yang membesar.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Parenting.orami.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar