BLT DD Tembus Rp 12,28 Miliar Perbulan di Pamekasan

Avatar of PortalMadura.com
BLT DD Tembus Rp 12,28 Miliar Perbulan di Pamekasan
Ilustrasi (Ngopibareng.id/Google)

PortalMadura.Com, – Dana Desa (DD) yang dikeluarkan untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mencapai Rp 12,28 miliar setiap bulan dari 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, Ach. Faisol mengungkapkan, jumlah penerima di daerahnya mencapai 20.470 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) tersebar di semua desa. Daftar penerima bantuan sosial itu telah melalui Musyawarah Desa (Musdes).

“Jumlah Rp 12,28 miliar itu karena setiap bulan mendapatkan bantuan Rp 600 ribu per KPM. Bantuan itu untuk masyarakat terdampak Covid-19,” katanya beberapa waktu lalu.

Faisol menambahkan, adapun kriteria penerima BLT DD tersebut adalah orang yang kehilangan pekerjaannya akibat Covid-19, orang yang anggota keluarganya memiliki penyakit kronis atau penyakit menahun, serta orang yang tidak terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Pendataan itu diketuai oleh kepala desa, wakilnya ketua BPD, anggotanya semua perangkat desa. Setelah didata, kemudian diverifikasi dan validasi. Artinya, kami sudah berupaya agar bantuan itu tidak tumpang tindih,” tandasnya.

Dia berkeyakinan, penerima BLT DD itu tidak tumpang tindih dengan penerima bantuan lainnya lantaran telah melalui proses matang di tingkat desa, yakni Musyawarah Desa (Musdes). (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.