5 Keistimewaan Puasa di Bulan Ramadan yang Perlu Umat Muslim Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
5 Keistimewaan Puasa di Bulan Ramadan yang Perlu Umat Muslim Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ramadan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari. Menurut ajaran Islam dapat menghapus kesalahan atau terampuni dosa yang telah diperbuat. Selain itu banyak kaum muslim yang menyebut bulan Ramadan sebagai bulan seribu bulan. Karena khusus pada bulan Ramadan ini amal kebaikan umat muslim akan dibalas dengan berkah dan pahala yang berlipat.

Ketika Anda menjalankan ibadah puasa dengan sempurna maka akan disucikan dari dosa seperti bayi yang baru lahir. Hal itu disebabkan di bulan Ramadan terdapat beberapa keutamaan atau keistimewaan bagi seseorang yang berpuasa. Apa saja?.

Berikut penjelasannya:

Bulan Diturunkannya Al-Quran
Bulan Ramadan merupakan bulan dimana kitab suci umat Islam (Al-Qur’an) pertamakali diturunkan.

Sesuai dengan QS. Al-Baqarah 185 yang artinya: “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

Amal Sholeh yang Berlipat Ganda
Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa bulan Ramadan merupakan waktu dimana Anda mendekatkan diri kepada Allah SWT. Akan bernilai sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukan di bulan-bulan lainnya.

Di bulan Ramadan ini juga, umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan dan menjalankan amalan sholeh lainnya.

Bulan Penuh Berkah
Inilah alasan kenapa bulan Ramadan disebut dengan bulan seribu bulan. Karena saat seorang muslim melakukan sebuah kebaikan di bulan Ramadan, ia akan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.

Bulan Pengampun Dosa
Pada bulan Ramadan juga seorang muslim berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya.
Bahkan ibadah yang sempurna pada bulan puasa akan menjadikan seorang muslim suci kembali bagaikan bayi yang baru lahir.

Sesuai Hadist Shahih: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari).

Terdapat Malam Lailatul Qadar
Malam 10 hari terakhir pada bulan Ramadan merupakan waktu-waktu yang diantaranya terdapat malam Lailatul Qadar.

Dimana malam tersebut baik diisi doa-doa yang baik dan mukjizat dapat turun pada umat Islam pada malam Lailatul Qadar tersebut.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3).

Itulah 5 keutamaan puasa pada bulan Ramadan. Jadi silakan berlomba-lomba dalam kebaikan ya. (tribunnews.com/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.