5 Keutamaan Silaturahmi Lebaran Menurut Ajaran Islam

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
5 Keutamaan Silaturahmi Lebaran Menurut Ajaran Islam
Iustrasi (Tirto.ID)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Hari raya Idul Fitri menjadi momen yang sangat istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Hari kemenangan ini biasanya dijadikan ajang untuk bersilaturrahmi antar anggota keluarga, teman, tetangga dan orang-orang yang kita kenal.

Tidak sekadar bertemu secara fisik atau bisa juga virtual, sebetulnya momen silaturahmi Lebaran ini punya banyak manfaat menurut ajaran Islam. Lantas, apa saja manfaatnya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dijelaskan oleh Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), berikut ini penjelasannya:

Ibadah yang Disukai Rasulullah

Silaturahmi adalah ibadah yang dicintai para Nabi, Rasul, malaikat Allah SWT dan para Sholihin. Khususnya Nabi Muhammad SAW.

“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Rasulullah SAW ia bersabda: ‘Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia menjaga hubungan baik silaturahim dengan kerabatnya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam’.” (HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:  Manfaat Luar Biasa Doa Nabi Yunus Bagi Pembacanya

Melebur Dosa

Ustadz Ainul Yaqin menyebut kegiatan silaturahmi bisa melebur segala kesalahan, kekhilafan, dan dosa antar-sesama. “Saling meridoi antar-sesama, sebab kekhilafan dan kesalahan sengaja atau tidak disengaja Haqul Adami, akan bisa terkomunikasikan dan berujung saling mengikhlaskan,” katanya.

Media Meminta Maaf

Silaturahmi bermanfaat juga menjadi ruang meminta maaf antar-sesama manusia. Saat silaturahmi ketika Lebaran, bertemu satu sama lain ada rasa lapang untuk meminta maaf atas khilaf maupun kesalahan antar-sesama dalam jalinan sambung silaturahmi tersebut. Berjabat tangan yang berakhir saling mendoakan kebaikan dan saling memaafkan.

Membuka Pintu Rezeki

Tahukah Anda, silaturahmi saat Lebaran bisa membuka pintu rezeki. Sebab di momen ini bisa menjadi wadah umat manusia untuk menebar kebaikan, memberi informasi bermanfaat , yang pada akhirnya yang mendatangkan peluang potensi rezeki.

Baca Juga:  Ini Perbedaan Santet, Teluh, Tenung dan Guna-guna

“Allah SWT melimpahkan keridhoan rezeki kepadanya sebab silaturahmi,” tambah Ustadz Ainul Yaqin.

Dapat Kebaikan dari Allah SWT

Dalam salah satu hadis, silaturahmi disebutkan menjadi ruang kecintaan Allah SWT dan tempat para malaikat Allah untuk mencurahkan doa kebaikan bagi yang orang-orang yang menjalin silaturahmi.

“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: ‘Barang siapa yang suka diluaskan rizkinya dan ditangguhkan kematiannya, hendaklah ia menyambung silaturahim’.” (Shahiih Al-Bukhaariy nomor 2067)

Wallahu a’lam bishawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.