oleh

5 Khasiat Daun Afrika Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Sesuai namanya, tanaman yang memiliki nama latin Vernonia amygdalina ini memang berasal dari Afrika. Rasanya yang pahit membuat daun afrika juga disebut sebagai bitter leaf.

Daun afrika mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, tanaman ini banyak dikembangkan di Indonesia karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selamat Ibadah Puasa 1

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (5/3/2021), berikut manfaat daun afrika untuk kesehatan Anda:

Menurunkan Gula Darah

Tanaman herbal ini dapat memelihara fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin dan menjaga efektivitas kinerja hormon tersebut. Efek tersebut menjadikan daun afrika baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan penyakit diabetes tipe 2.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Ekstrak daun afrika dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan sel kanker, daun afrika juga disebut dapat meningkatkan efektivitas kemoterapi dalam pengobatan kanker.

Membasmi Bakteri Penyebab Penyakit

Zat kimia dalam daun afrika memiliki sifat antibakteri. Ekstrak daun afrika bahkan dapat membunuh dan mencegah pertumbuhan berbagai jenis kuman yang kerap menyebabkan infeksi, seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas, dan Escherichia coli.

Mengatasi Cacingan

Eekstrak daun afrika juga dapat membasmi telur dan larva cacing yang dapat menyerang saluran cerna, misalnya cacing gelang dan cacing tambang.

Mengobati Penyakit Malaria

Di benua asalnya, daun afrika telah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional untuk pengobatan malaria. Ekstrak daun afrika memang dapat membasmi parasit Plasmodium penyebab malaria.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumebr : Alodokter.Com

Komentar