5 Khasiat Kayu Manis bagi Kecantikan Kulit

  • Bagikan
5 Khasiat Kayu Manis bagi Kecantikan Kulit
Ilustrasi (Hipwee)

PortalMadura.Com – Kayu manis merupakan salah satu bumbu masak yang memiliki aroma wangi. Dengan bentuk seperti kulit kayu yang berwarna kecoklatan, kayu manis banyak digunakan untuk memasak berbagai macam menu masakan.

Namun, selain menjadi salah satu bumbu masakan favorit, kayu manis juga mempunyai beberapa manfaat lain untuk kecantikan kulit. Lantas, apa saja manfaatnya untuk kulit? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Sifat Antibakteri yang Dapat Mengatasi Jerawat

Jerawat bisa di alami oleh siapa saja baik itu orang dewasa atau anak remaja sehingga memerlukan perawatan yang sesuai. Kayu manis memiliki sifat antibakteri yang tentunya bisa menjadi salah satu penyelamat untuk mengatasi masalah jerawat.

Selain memiliki sifat antibakteri, kayu manis juga memiliki sifat antioksidan, antiseptik, dan juga anti jamur yang dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk masalah jerawat dan juga komedo.

Kayu manis juga dapat membantu untuk membuka pori-pori yang berfungsi untuk meningkatkan oksigen pada permukaan kulit.

Sebagai Antioksidan

Siapapun akan mengalami tanda-tanda penuaan seiring dengan berjalannya waktu, meskipun tak bisa dihindari tetapi Anda bisa menunda tanda-tanda kemunculannya. Kayu manis merupakan antioksidan yang kuat untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas meliputi garis-garis halus, pigmentasi, dan kulit yang tampak kusam secara keseluruhan. Kayu manis dapat membantu untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat segar.

Memberikan Kelembapan pada Kulit

Memiliki kulit yang kering sangatlah tidak nyaman, terlebih lagi pada saat menggunakan makeup karena dapat membuat makeup menjadi mudah pecah. Memiliki kulit yang lembap adalah salah satu hal yang harus Anda perhatikan agar kulit tidak menjadi kering.

Kayu manis memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih lembap. Tak hanya itu saja, kayu manis juga akan mengunci kelembapan pada kulit.

Sebagai Ekfsoliator

Eksfoliasi kulit menjadi hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat dan juga bersih. Eksfoliasi dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat membuat wajah menjadi terlihat kusam disertai dengan noda hitam dan warna kulit yang tidak merata.

Anda bisa menggunakan kayu manis untuk melakukan eksfoliasi demi mengangkat sel kulit mati. Anda bisa mencampurkan bubuk kayu manis dengan minyak zaitun dan madu kemudian gosok secara perlahan ke area kulit, diamkan selama 5-10 menit baru setelahnya bilas dengan menggunakan air hangat.

Mengobati Eksim

Eksim menjadi salah satu masalah kulit yang seringkali di alami selain jerawat. Eksim sendiri merupakan sebuah kondisi dimana kulit menjadi iritasi dan mengalami peradangan sehingga dapat meninggalkan bercak berwarna terang.

Anda bisa menjadikan kayu manis sebagai masker untuk mengatasi eksim dengan cara mencampurkannya dengan madu dan aplikasikan ke area yang terkena eksim. Lakukan selama satu minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kayu manis. Tak hanya sedap sebagai bahan makanan, kayu manis juga dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan kulit. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memanfaatkan kayu manis?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.