5 Kiat Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Agar Bisnis Lancar

Avatar of PortalMadura.com
5-Kiat-Tingkatkan-Kepuasan-Pelanggan-Agar-Bisnis-Lancar
Ilustrasi (entrepreneurcamp.id)

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, kehadiran membuat bisnis bisa bertahan dan berjalan dalam waktu lama. Bagaimana tidak, tanpa adanya pelanggan suatu bisnis tidak akan mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu, sangat penting menjaga kepuasan para pelanggan agar bisnis yang dijalani tetap berjalan lancar dan mereka menjadi pelanggan yang loyal pada produk Anda.

Selain itu, kehadiran pelanggan juga bisa menjadi salah satu alat promosi secara tidak langsung bisnis yang Anda jalankan. Pengalaman dia dalam menggunakan produk yang Anda hasilkan dapat menjadi salah satu kunci menuju kesuksesan atau kegagalan.

Jika dia menyukai produk Anda maka dia akan menceritakan hal-hal yang bagus terkait produk tersebut. Namun, sebaliknya jika dia tidak puas menggunakan produk Anda maka dia akan menceritakan secara buruk produk buatan Anda kepada setiap orang.

Oleh sebab itu, Anda perlu terus meningkatkan . Ada beberapa hal yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Berikut ini lima cara meningkatkan kepuasan pelanggan seperti dilansir PortalMadura.Com, Senin (25/10/2021) IDN Times:

Menjaga Kualitas Produk

Seperti yang sudah diucapkan di atas, pelanggan bisa jadi sosok yang membawa bisnis Anda menuju kehancuran atau kesuksesan. Untuk itu, agar pelanggan Anda mampu membawa bisnis Anda ke jalur kesuksesan maka Anda perlu terus menjaga kualitas produk yang Anda hasilkan.

Pelanggan biasanya akan jauh lebih senang jika mendapatkan produk barang dan jasa yang sesuai keinginan mereka. Maka itu Anda perlu menjaga kualitas produk barang dan jasa secara konsisten.

Harga yang mahal atau murah tidak jadi masalah bagi pelanggan jika Anda dapat menyediakan produk dengan kualitas yang terjamin. Semakin bagus kualitas produk yang Anda buat maka semakin loyal pelanggan Anda.

Memberikan Pelayanan yang Ramah

Para pelanggan sangat menyukai staf atau para pekerja yang ramah dalam menawarkan produk jualannya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa bisnis yang Anda jalankan disajikan dengan baik oleh para staf Anda.

Pelayanan ramah yang paling simpel adalah dengan memberikan senyuman. Kemudian jangan pernah bosan menjawab apa pun pertanyaan yang dilontarkan oleh pelanggan dan terakhir selalu meminta maaf dalam menghadapi komplain yang disampaikan pelanggan, meskipun kesalahan sebenarnya ada pada pelanggan tersebut.

Mendengarkan Keluhan dan Saran dari Pelanggan

Dalam berbisnis, Anda juga perlu menjadi pendengar yang baik. Adapun yang harus didengarkan oleh Anda sebagai pemilik bisnis adalah keluhan dan saran dari pelanggan.

Segala keluhan maupun saran sebaiknya ditindaklanjuti oleh pemilik bisnis. Dengan menindaklanjuti keluhan dan saran dari para pelanggan, Anda sebagai pemilik bisnis jadi bisa mengetahui apa-apa saja yang perlu dibenahi pada produk-produk Anda.

Pelanggan pun akan merasa didengarkan dengan baik-baik ketika Anda menindaklanjuti keluhan dan saran dari seluruh pelanggan tersebut.

Mendatangi Langsung para Pelanggan

Guna menciptakan hubungan yang baik dengan para pelanggan Anda perlu melakukan sebuah komunikasi yang baik dan hangat. Oleh karena itu, Anda perlu mengakrabkan diri dengan pelanggan, tetapi jangan terlalu terlihat sok akrab dan sok kenal.

Caranya adalah dengan mendatangi pelanggan secara profesional sambil bertanya apa saja yang mereka (pelanggan) butuhkan dan kamu berjanji untuk sigap dalam mewujudkan keinginan pelanggan.

Mengatakan ‘tidak' jika Memang Tidak Bisa Mengabulkan Keinginan Pelanggan

Anda tentu tahu peribahasa yang menyebutkan bahwa pelanggan adalah raja. Namun, para pemilik usaha seperti Anda tentu juga mengetahui bahwa tidak semua keinginan pelanggan bisa dipenuhi.

Jika Anda semisalnya tidak mampu menyediakan produk yang sesuai keinginan pelanggan maka sebaiknya Anda berkata jujur terhadap hal tersebut. Jangan pernah sekali-kali memberikan harapan palsu kepada pelanggan Anda.

Ketika Anda mengatakan ‘iya' terhadap pelanggan Anda dan Anda tidak bisa memenuhinya maka sudah barang tentu mereka atau pelanggan merasa kecewa. Kejujuran yang Anda sampaikan setidaknya menjadi momen agar pelanggan melihat bahwa Anda adalah seorang pengusaha yang jujur.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.