oleh

5 Kisah Horor di Dunia Militer Indonesia

PortalMadura.Com – Bercerita tentang hantu pasti tidak ada habisnya. Berbagai macam bentuk hantu pasti membuat bulu kuduk berdiri. Namun, terkadang rasa penasaran mengalahkan ketakutan yang dirasakan. Sehingga, banyak orang yang menikmati sensasi dari ketakutannya sendiri.

Banyak cerita mistis disekitar Anda, salah satunya yang bisa bikin takut tidur sendirian yaitu cerita hantu di dunia militer. Berbagai cerita sudah banyak yang terkenal. Apa saja? Berikut ulasannya:

Taruna Merah
Kisah misteri muncul berada di lingkungan Akademi Militer (Akmil) Magelang. Sejumlah versi menuturkan bahwa kisah hantu taruna merah berkaitan dengan tragedi berdarah yang pernah terjadi di tempat itu. Konon, dulu pernah ada seorang taruna yang tewas kecelakaan saat latihan.

Taruna itu tertembak di kepala hingga peluru menembus helm. Darah pun mengucur membasahi tubuh sosok tersebut. Arwah dari taruna itu kemudian bergentayangan dan kerap menampakkan diri dalam wujud sesosok berseragam taruna dengan helm, tapi wajah dan tubuhnya berlumuran darah.

Drum Band Jogja
Bagi Anda yang tinggal di Jogja, Anda pasti pernah mendengar cerita tentang suara drum band saat dini hari. Suara ini masih menjadi misteri bagi orang-orang yang pernah mendengarnya. Betapa tidak, orang-orang yang mendengar suara ini tidak bisa menemukan dari mana suara berasal.

Orang yang ada di sisi barat, mendengar suara drum band seolah-olah dari timur. Sedangkan yang di timur, mendengarnya seolah-olah dari barat. Begitu juga yang di utara, mendengar dari selatan dan yang di selatan mendengar dari utara. Ada juga yang berkesimpulan bahwa suara drum band ini berasal dari lingkungan Akademi Angkatan Udara (AAU).

Tandu Eyang Kakung Dirman
Selain taruna merah, kisah seram lainnya yang melingkupi Akmil yaitu cerita horor tandu Panglima Soedirman. Cerita ini muncul ketika para taruna melakukan napak tilas perjuangan Panglima Jenderal Soedirman, lengkap sambil memikul tandu yang kosong.

Konon, selama proses yang digelar hingga malam hari ini taruna dilarang menoleh ke belakang ke arah tandu. Ada cerita yang menyebutkan pernah terjadi seorang taruna tiba-tiba merasa tandunya semakin berat. Ia kemudian melihat ke arah tandu dan melihat penampakan sesosok orang di dalam tandu.

Barak Bantir Sumowono
Barak ini peninggalan zaman Belanda. Meski dipakai sebagai barak militer, tapi di tempat ini juga biasa digunakan untuk pelatihan-pelatihan dari warga sipil. Kisah keangkeran barak militer yang digunakan Komando Latihan Rindam IV Diponegoro dan terletak di Desa Bantir, Sumowono, Kabupaten Semarang ini sudah terkenal di masyarakat.

Sudah bukan rahasia lagi jika di tempat ini sering terdapat peristiwa-peristiwa ganjil. Salah satu yang cukup sering yaitu kesurupan yang menimpa peserta pelatihan.

Rutan militer Guntur
Berada di Jakarta Selatan, Rutan militer Guntur ini berdiri sejak zaman Belanda. Di tempat inilah para tentara yang melakukan pelanggaran akan menjalani hukuman militer. Konon, dulunya banyak tahanan yang sampai meninggal dunia di tempat ini.

Makanya, wajar jika kemudian berbagai cerita hantu muncul dari sini. Salah satu kisah yang jadi perbincangan warga yaitu penampakan sesosok wanita berpakaian putih yang kadang mengganggu petugas maupun tahanan. (brilio.net/Desy)