oleh

5 Langkah Penting untuk Menjaga Kesehatan Telinga

PortalMadura.Com – Telinga merupakan salah satu panca indera yang harus dijaga kesehatannya. Semakin tua umur Anda, kemampuan telinga untuk mendengar bisa semakin menurun. Ketika kesehatan telinga tidak dijaga dengan baik, dampak negatif berupa kehilangan pendengaran bisa terjadi.

Dilansir dari laman Halodoc.Com, Kamis (9/7/2020) berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan telinga.

5 Langkah Penting untuk Menjaga Kesehatan Telinga

Menjaga kesehatan telinga sangat penting dilakukan. Menjaga kesehatan telinga salah satunya bisa dengan membersihkan secara rutin telinga Anda. Lakukan lima langkah mudah ini untuk merawat telinga Anda:

Bersihkan Telinga dengan Benar

Menjaga kebersihan telinga adalah hal wajib yang harus kita lakukan. Saat membersihkan telinga, ada baiknya untuk membersihkan pada bagian luar atau daun telinga saja. Pasalnya, telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Adanya bulu-bulu halus serta bentuknya yang bersudut mampu menjaga telinga dari masuknya kotoran dari luar.

Hindari Cotton Bud

Anda mungkin beranggapan bahwa Anda harus rutin membersihkan telinga dengan cotton bud. Namun, ternyata anggapan Anda ini salah. Justru, Anda tidak dianjurkan untuk memasukkan cotton bud atau sesuatu lainnya ke dalam telinga untuk membersihkan telinga.

Sebab, membersihkan telinga dengan cotton bud bisa membuat kotoran telinga terdorong ke bagian dalam telinga, sehingga membuatnya semakin masuk ke dalam dan mengendap. Maka dari itu, kamu hanya perlu membersihkan pada daun telinganya saja.

Hindari Telinga dari Suara Keras

Fungsi telinga adalah untuk mendengar. Namun, telinga mempunyai kapasitas kemampuan untuk mendengar suara. Tidak semua suara masuk ke dalam kategori aman untuk didengar telinga. Terlalu sering terpapar dengan suara keras, dapat membuat kemampuan mendengar Anda berkurang. Sumber suara keras ini bisa bermacam-macam, misal dari lingkungan kerja Anda, dari musik yang Anda dengarkan, dan lain sebagainya.

Sebaiknya coba hindari ketika Anda sedang berada di tempat-tempat yang terdapat suara keras, atau jika tidak memungkinkan Anda bisa menggunakan penutup telinga untuk melindunginya. Sebisa mungkin untuk mengurangi kebiasaan mendengarkan musik menggunakan headphone, pasalnya volume musik yang terlalu keras dapat merusak pendengaran Anda.

Jaga Telinga Agar Tetap Kering

Kelembapan berlebih pada telinga bisa menyebabkan bakteri masuk ke saluran telinga. Situasi ini secara tidak sadar dapat memicu infeksi dan iritasi pada telinga. Maka dari itu, selalu jaga jagalah telinga agar kondisinya tetap kering.

Jika kamu hobi berenang, sebaiknya gunakan penyumbat telinga untuk mencegah air masuk ke dalam telinga. Jika Anda merasa ada air yang masuk ke dalam telinga, segera miringkan kepala Anda dan tarik cuping telinga Anda untuk merangsang air ke luar. Jangan lupa, untuk selalu mengeringkan telinga Anda dengan handuk kering setiap selesai berenang dan juga setiap selesai mandi.

Rutin Periksa ke Dokter

Memeriksakan telinga Anda ke dokter penting untuk dilakukan, terlebih lagi saat usia Anda mulai menua. Gangguan pendengaran berkembang secara bertahap, sehingga Anda perlu memastikan kondisi telinga Anda dalam keadaan sehat setiap waktu.

Pemeriksaan telinga juga dilakukan untuk memastikan tidak ada penumpukan kotoran telinga di dalam telinga. Jika ada, telinga Anda mungkin butuh untuk dibersihkan.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : halodoc.com

Komentar