5 Latihan yang Bisa Bakar Kalori Agar Tak Gemuk Usai Makan Besar

Avatar of PortalMadura.com
5 Latihan yang Bisa Bakar Kalori Agar Tak Gemuk Usai Makan Besar
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bukan menjadi hal asing di kehidupan sehari-hari jika mayoritas orang merasa tidak nyaman akibat kekenyangan. Tapi faktanya, perasaan ini masih kerap muncul dengan berbagai alasan. Mulai dari tidak enak menolak, lapar mata, hingga kebiasaan binge eating.

Biasanya, kekenyangan muncul di saat perayaan yang sering berlimpah hidangan dengan aneka rupa dan rasa. Sehingga, begah, sakit perut, rasa mual mau muntah merupakan beberapa bentuk ketidaknyamanan akibat terlalu kenyang.

Adapapun bentuk lainnya adalah rasa berat dan malas bangun di pagi hari. Hal ini tentu merugikan bagi kalangan produktif yang biasa memulai aktivitasnya di pagi hari. Malas yang berujung terlambat dan buru-buru berisiko memperburuk mood di pagi hari.

Ada lima bentuk yang bisa dilakukan bila merasa kekenyangan. Olahraga ini merangsang metabolisme tubuh, menghilangkan rasa malas, membantu mengembalikan mood serta semangat di pagi hari.

Berikut ini uraiannya:

Latihan Kekuatan
Tidak ada olahraga yang lebih baik selain latihan kekuatan (strength training). Latihan cardio memang bisa menjadi alternatif, namun hasilnya masih lebih baik strengh training. Bentuk latihan ini serupa squat jump, push up, atau mengangkat pinggul dengan dumbbells dan bench. Bagi yang belum terbiasa, latihan selama 20 menit ini biasanya mengakibatkan sakit di seluruh tubuh.

Yoga
Yoga bisa menjadi pilihan bagi yang tidak cocok dengan latihan fisik di pagi hari. Meditasi dan berbagai pose dalam yoga bisa membantu mengembalikan metabolisme dan bad mood di pagi hari. Cukup latihan 15 menit, yoga akan mengembalikan semangat beraktivitas sepanjang hari.

HIIT
High Intensity Interval Training (HIIT) cocok bagi mereka yang hanya punya sedikit waktu di pagi hari. Mood yang berantakan bukan alasan untuk menunda atau membatalkan jadwal yang telah tersusun. Manfaat HIIT bisa segera dirasakan hanya dengan 5 jenis gerakan selama sekitar satu menit. Gerakan ini meliputi squat jump dengan tangan dan tubuh lurus (pencil squat), push up dengan satu tangan (tap up), jalan di tempat seperti atlet panjat dinding (wall climber), lari di tempat dengan lutut ditekuk (low squat sprint), dan lompat dengan tangan menyentuh tumit (knees and toes).

Core Movement
Latihan ini menyasar daerah perut yang sering membuncit akibat kekenyangan. Bentuk dasar latihan ini adalah sit up dengan berbagai posisi. Misalnya, kaki yang dibuka seperti huruf V, kaki dan tangan yang harus bersentuhan, dan tangan yang ditekuk hingga tubuh bersandar pada siku. Core movement bisa dilakukan usai latihan cardio untuk meningkatkan kekuatan tubuh.

HIIT dan Latihan Beban
Dua jenis latihan ini cukup dilakukan selama 15 menit untuk hasil terbaik. Latihan ini tentu bisa dilakukan siapa saja yang berminat, atau butuh waktu cepat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, sebaiknya latihan dilakukan bagi yang sudah terbiasa untuk menghindari rasa sakit dan pegal usai olahraga. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.