5 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Kebutuhan darah di Indonesia memang sangat tinggi, sayangnya ketersediaan kantung darah di PMI masih belum dapat mencukupinya. Karenanya, tidak ada salahnya kita ikut mendonorkan darah loh.

Selain membantu orang lain, ada efek positifnya juga. Keputusan Anda untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Namun, tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, donor darah juga memberikan manfaat bagi pendonornya. Berikut beberapa manfaat donor darah yang harus Anda ketahui

Bikin lebih bahagia
Sebuah penelitian dalam bidang psikologi menunjukkan bahwa pendonor yang ingin menolong sesama berisiko lebih rendah mengalami kematian dini ketimbang yang mendonor karena kepentingan sendiri atau bahkan tidak mendonorkan sama sekali.

Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan juga akan membuat kita merasa lebih bahagia. Rasa bahagia ini bisa ditumbuh karena Anda merasa berguna dan bermanfaat untuk orang lain.

Mencegah penyakit jantung
Kegiatan yang dapat menyelamatkan nyawa orang ini ternyata dapat menurunkan kekentalan darah jika dilakukan secara teratur. Kekentalan darah sendiri merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Membantu menurunkan berat badan
Anda berencana menurunkan berat badan? Cobalah rutin donor darah. Pasalnya, kegiatan ini bisa jadi cara efektif untuk membakar kalori yang menumpuk dalam tubuh. Meski efektif membakar kalori, tapi perlu diingat juga bahwa kegiatan ini tidak dapat dijadikan sebagai pilihan program penurunan berat badan.

Anda tetap harus menerapkan pola hidup sehat dengan memperhatikan asupan makanan dan olahraga secara teratur supaya dapat mencapai berat badan yang ideal.

Menurunkan risiko kanker
Dengan menjadi pendonor, Anda berarti ikut membantu tubuh dalam membuang kelebihan zat besi yang menumpuk di dalam tubuh. Dalam jumlah yang tepat, zat besi memang menawarkan banyak manfaat untuk tubuh. Sebaliknya, pnumpukkan zat besi yang terlalu banyak dalam tubuh dapat meningkatkan radikal bebas yang bisa memicu penuaan dini dan penyakit kanker.

Mendeteksi penyakit serius
Kegiatan satu ini bisa jadi salah satu cara mengatahui bagaimana kondisi Anda, lho. Pasalnya, ketika Anda ingin melakukan kegiatan ini, Anda akan terlebih dahulu dicek kesehatannya.

Tapi, tidak semua orang bisa donor darah. Pasalnya, ada banyak syarat yang harus Anda penuhi sebelum melakukannya. Sebelum donor, pastikan kalau Anda memenuhi beberapa syarat.

Sehat jasmani dan rohani.
Berusia 17-65 tahun.
Memiliki berat badan minimal 45 kg.
Tekanan sistolik minimal 100-170, dan tekanan diastolik 70-100.
Kadar hemoglobin berkisar antara 12,5 g/dl sampai 17 g/dl.
Interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak pendoran sebelumnya.

Selain yang sudah disebutkan di atas, ada juga beberapa kondisi kesehatan yang membuat Anda tidak diperbolehkan melakukan kegiatan mulia ini. Seperti, demam, flu, penyakit jantung, penyakit paru-paru, kanker, hipertensi, diabetes mellitus (kencing manis), HIV/AIDS.

Mungkin ada banyak kondisi medis lainnya yang belum disebutkan di atas. Jika ragu, Anda bisa bertanya langsung pada dokter atau petugas medis sebelum Anda melakukan donor darah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.