5 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut dan Kulit Kepala

Rewriter:Alfatihiyatul FatiEditor: Firman Ghazali A.
5 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut dan Kulit Kepala
5 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut dan Kulit Kepala

PortalMadura.com- Lidah buaya merupakan tanaman herbal yang banyak sekali manfaatnya. Tak hanya mengobati kulit, lidah buaya juga mempunyai manfaat untuk kesehatan rambut. Lidah buaya telah digunakan sebagai tanaman obat sejak 1.750 sebelum Masehi.

Manfaat lidah buaya yakni memperkuat rambut dan kesehatan kantong kelenjar folikel. Nutrisi yang ada pada lidah buaya juga berguna untuk mengurangi gatal di kepala.

Cara memakai lidah buaya hanya perlu mengoleskan gel secara merata selama 20-30 menit, setelah itu bilas sampai bersih. Tak perlu keramas setelah membilas, cukup pastikan rambut dibilas secara merata agar tidak meninggalkan endapan.

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut dan Kulit Kepala

Berikut manfaat lidah buaya untuk rambut:

1. Meredakan kulit kepala

Manfaat lidah buaya yang pertama yakni dapat meredakan kulit kepala karena dermatitis seboroikatau biasanya dikenal sebagai ketombe. Gejala kulit kepala gatal dan mengelupas ini bisa diobati dengan lidah buaya, menurut studi dalam Journal of Dermatological Treatment.
Peneliti menemukan, lidah buaya membantu mengatasi peradangan kulit kepala akibat ketombe. Asam lemak yang ditemukan dalam tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi untuk meredakan gatal pada kulit kepala.

Cara menggunakannya, oleskan gel lidah buaya mentah ke rambut dan kulit kepala. Ratakan dengan tangan hingga ke kulit kepala, rambut, dan ujungnya. Untuk membantu menyegel kelembapan, oleskan beberapa tetes minyak jarak dan pijat. Biarkan lidah buaya selama sekitar 30 menit lalu bilas.

2. Mengurangi minyak berlebihan pada rambut dan kulit kepala

Manfaat lidah buaya selanjutnya adalah dapat membersihkan helai rambut secara efisien, menghilangkan sebum (minyak) berlebih, dan residu dari produk rambut lainnya. Fakta tersebut dipublikasikan dalam Brazilian Journal of Microbiology.

Kandungan lidah buaya yang alami tidak akan merusak folikel rambut. Lidah buaya juga dapat membuat rambut sehat dan berkilau. Untuk menggunakannya, campur satu sendok teh gel lidah buaya dengan beberapa tetes jus lemon lalu oleskan ke seluruh kulit kepala. Biarkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dicuci dengan sampo.

3. Antiinflamasi

Lidah buaya berguna sebagai kondisioner alami karena mempertahankan keseimbangan cairan rambut dan melembapkan kulit kepala. Sifat penyembuhan luka dari lidah buaya membantu mengobati iritasi, gatal atau bercak kering di kulit kepala. Itu berguna untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

4. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut dijelaskan dalam International Journal of Natural Therapy. Lidah buaya dapat merangsang sirkulasi darah serta meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke folikel rambut.

5. Mempertahankan warna rambut

Paparan sinar matahari mengakibatkan warna rambut memudar, menjadi kasar, kering, dan menyebabkan helai menjadi rapuh dan rentan patah. Lidah buaya meringankan beberapa kerusakan tersebab sinar ultraviolet. Lidah buaya juga menjaga warna dan kesehatan rambut.

Itulah manfaat lidah buaya untuk perawatan rambut dan kulit kepala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.