oleh

5 Manfaat Mangga Muda Untuk Ibu Hamil

PortalMadura.Com – Mengidam saat hamil adalah hal yang wajar, biasanya mengidam saat hamil pada umumnya berupa makanan dan minuman tertentu salah satunya mangga muda. Jika Anda mengidam mangga muda pada awal kehamilan konsumsilah dengan batas yang normal. Mangga muda dengan rasanya yang asam ternyata mengandung banyak manfaat.

Mangga muda mengandung banyak nutrisi diantaranya adalah Vitamin (A, B, dan C), Asam folat, Kalsium, Zat besi, dan Magnesium yang baik untuk kesehatan bagi ibu hamil.

5 Manfaat Mangga Muda Untuk Ibu Hamil

Berikut lima manfaat mangga muda untuk ibu hamil yang dilansir dari laman Popmama.Com, Kamis (14/5/2020):

Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat Mangga Muda Untuk Ibu Hamil untuk kesehatan jantung

Mengonsumsi mangga muda di awal kehamilan memiliki manfaat baik untuk kesehatan jantung karna mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab beberapa penyakit seperti Kanker dan Jantung. Mangga muda juga terdapat Niacin atua Vitamin B3 yang bisa mengurangi resiko penyakit tersebut.

Memberi dorongan energi untuk ibu hamil

Manfaat Mangga Muda Untuk Ibu Hamil Memberi dorongan energi untuk ibu hamil

Masalah yang sering terjadi pada ibu hamilan adalah kekurangan energi kronik (KEK) penyebabnya yakni keluar masuknya energi yang tidak seimbang di dalam tubuh ibu hamil. Seorang yang hamil dan kekurangan energi kronik biasanya aan mengalami kelelahan yang berkepanjangan, kesemutan hingga cenderung memiliki wajah pucat.

Dengan mengonsumsi mangga muda maka dapat memberi dorongan energi yang membantu ibu hamil untuk tetap beraktivitas dengan baik.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut ibu hamil

manfaat makan mangga muda bagi ibu hamil

Ibu hamil juga rentan mengalami penyakit gigi dan mulut, hal ini bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembanga janin. Pada awal kehamilan Hormon Progestan didalam tubuh jauh lebih meningkat, hal inilah yang menjadi resiko sakit gigi pada awal kehamilan.

Mengonsumsi mangga muda akan memenuhi kebutuhan Vitamin C yang dapat membantu mencegah gusi berdarah, bau mulut dan kerusakan pada gigi.

Menyeimbangkan cairan tubuh

Manfaat lain mangga muda untuk ibu hamil adalah menjaga keseimbangan cairan tubuh karena membantu ibu hamil dari Dehidrasi, dapat menghentikan hilangnya Natrium Klorida dan Zat Besi yang berlebihan pada tubuh.

Menyembuhkan masalah perut

Pada masa kehamilan masalah sembelit sudah menjadi Trimester akhir, hal ini disebabkan karena pergerakan usus lebih lambat dibandingkan saat tidak hamil. Gangguan perut ini membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, untuk itu pada masa kehamilan memerlukan asupan serat untuk mencegah Konstipasi yang muncul selama masa kehamilan, dengan cara mengonsumsi makanan sumber serat seperti mangga muda.(*)

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar