5 Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit

Rewriter:Alfatihiyatul FatiEditor: Firman Ghazali A.
5 Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit
5 Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit

PortalMadura.com- Tanaman lidah buaya dapat diolah menjadi berbagai bentuk dan salah satunya adalah masker lidah buaya. Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, masker alami ini juga sejak lama digunakan untuk kecantikan, terutama kesehatan tubuh dan kulit.

Wajar saja bila lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sebab, tanaman ini ternyata kaya akan vitamin dan berbagai mineral baik yang penting bagi tubuh. Berikut ini beberapa kandungan aloe vera yang menjadikannya sangat bermanfaat, khususnya bagi kesehatan tubuh dan kulit.

  • Vitamin B: Daging lidah buaya mengandung vitamin B yang bermanfaat menghilangkan nyeri pada bagian saraf dan otot.
  • Vitamin B12: Aloe vera memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Padahal umumnya, vitamin jenis ini hanya ditemui pada bahan makanan hewani.
  • Vitamin E: Kandungan ini menjadikan aloe vera baik untuk meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi.
  • Asam folat: Aloe vera cocok dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung asam folat yang mengandung banyak nutrisi untuk ibu dan janin.
  • Mineral: Aloe vera mengandung mineral yang cukup lengkap, seperti kalsium, sodium, magnesium, kromium, selenium, zinc, dan potassium mangan.
  • Antioksidan: Antioksidan dalam aloe vera terbilang tinggi. Hal ini membuat lidah buaya bisa melindungi kulit dari sinar UV.
  • Antiinflamasi: Enzim dalam aloe vera yang disebut Bradykinase berfungsi sebagai zat antiinflamasi. Fungsi antiinflamasi dalam aloe vera semakin diperkuat dengan kandungan asam lemak, asam salisilat, dan hormon auksin dan giberelin yang dimilikinya.

5 Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit

Apabila rutin memanfaatkan lidah buaya, berikut ini segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1. Mencegah Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, garis-garis halus dan kerutan akan mudah muncul. Hal ini juga disebabkan kondisi kulit yang mulai kehilangan kelembapan serta elastisitasnya. Tetapi, Anda bisa mencegah tanda penuaan sejak dini dengan menggunakan aloe vera. Kemampuan aloe vera untuk melembapkan sekaligus membantu mengangkat sel kulit mati dipercaya dapat mencegah tanda penuaan.

2. Meredakan kulit yang terbakar sinar ultraviolet

Paparan sinar matahari secara langsung dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit memerah, melepuh, atau terasa perih saat disentuh. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda dapat menggunakan masker lidah buaya.

Sensasi dingin dari lidah buaya dapat menenangkan dan mempercepat proses pemulihan kulit yang terbakar akibat radiasi sinar ultraviolet.

3. Mengobati jerawat

Lidah buaya mengandung asam salisilat yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengobati jerawat yang meradang. Manfaat masker lidah buaya ini akan lebih efektif jika digunakan pada pagi dan malam hari.

Namun, sebelum menggunakan masker lidah buaya ke jerawat yang meradang, cobalah terlebih dahulu masker tersebut pada kulit tangan Anda. Hal ini karena pada kasus yang jarang terjadi, penggunaan masker lidah buaya justru dapat memperburuk kondisi kulit yang meradang.

4. Melembapkan kulit

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E pada masker lidah buaya dipercaya dapat melembapkan dan menghidrasi kulit yang kering. Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga diyakini dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga bisa menggunakan pelembap kulit dengan kandungan lidah buaya setelah mandi.

5. Menenangkan dan Menghidrasi Kulit

Banyak orang lupa bahwa kulit adalah organ yang memainkan peran sangat penting dalam memastikan tidak ada racun, bahan kimia, kuman, atau kontaminan asing yang masuk ke dalam tubuh. Hanya karena tidak ada luka menganga, tidak berarti kulit Anda tidak memerlukan perlindungan. Agar dapat melakukan fungsi proteksi secara sempurna, Anda harus selalu menjaga kondisi kulit, termasuk agar tidak tegang dan terhidrasi baik. Sebab, kulit kering lebih mudah terkena iritasi dan dapat menimbulkan ruam atau luka sobek. Dengan menggunakan produk berbasis lidah buaya, Anda dapat memastikan bahwa kulit tetap terhidrasi dan bersih setiap saat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.