oleh

5 Manfaat Melipat Origami bagi Anak yang Jarang Diketahui

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak mengenal permainan seni melipat kertas atau sering disebut dengan origami. Tidak hanya menyenangkan, origami menjadi media pembelajaran yang baik untuk anak. Origami adalah sebuah seni melipat kertas yang berasal dari Negeri Sakura.

Seni ini memanfaatkan kertas polos atau kertas berwarna untuk membuat berbagai macam bentuk, seperti jenis-jenis hewan, pesawat, mobil, dan lain-lain. Di Indonesia sendiri, origami cukup terkenal lho, Ma. Umumnya, anak-anak akan belajar melipat bentuk-bentuk sederhana saat di sekolah.

Nah, origami bisa menjadi hobi yang bermanfaat bagi anak. Pasalnya, ia tidak hanya menyenangkan, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak. Melansir dari laman Popmama.com, berikut ini manfaat yang akan anak dapatkan dari melipat origami.

Melatih Anak Mengikuti Petunjuk
Agar origami dapat terbentuk dengan benar dan baik, anak perlu mengikuti petunjuk yang tersedia. Apalagi jika anak melipat bentuk yang cukup rumit. Nah, hal tersebut akan melatih kedisiplinan anak untuk mengikuti petunjuk. Ia pun belajar bahwa petunjuk disediakan untuk membantunya mencapai hal yang baik.

Melatih Anak Memahami Diagram atau Gambar
Beberapa petunjuk origami dilengkapi dengan diagram atau gambar agar lebih mudah dipahami. Dengan membiasakan diri membaca gambar dan diagram tersebut, anak pun akan terlatih untuk memahaminya.

Baca Juga: Cara Pemkab Bangkalan Lakukan Pencegahan Penyebaran Virus Corona

Tidak apa-apa jika awalnya anak sedikit kesulitan. Secara perlahan, ia pasti akan menjadi lebih ahli. Nah, kemampuan memahami diagram dan gambar tentu akan berguna untuk masa depan anak nanti!

Melatih Anak Memecahkan Masalah
Melipat origami tidak selalu mudah dan berjalan mulus. Terkadang, anak akan menemukan masalah pada langkah-langkah tertentu. Apalagi, jika ia melipat bentuk yang rumit. Nah, secara tidak langsung, origami akan melatih anak untuk memecahkan masalahnya sendiri. Kemampuan berpikir kritis dan logikanya pun akan lebih terlatih.

Melatih Imajinasi Anak
Selembar kertas dapat diubah menjadi berbagai macam bentuk melalui seni origami, mulai dari bentuk hewan hingga benda mati. Namun terkadang, bentuk yang dihasilkan sedikit abstrak sehingga memerlukan imajinasi untuk memahaminya.

Otomatis, imajinasi anak akan lebih terlatih jika rutin membuat origami. Tidak hanya itu, anak juga dapat melatih imajinasinya dengan membuat bentuk-bentuk origami baru.

Merangsang Seni Di dalam Diri Anak
Meskipun hanya melipat kertas, origami dikategorikan sebagai sebuah seni lho, Ma. Otomatis, kegiatan ini akan merangsang seni di dalam diri anak. Melalui origami, anak dapat belajar untuk menghasilkan bentuk-bentuk yang indah.

Ia juga dapat bereksperimen dengan berbagai macam warna untuk memperindah origami miliknya. Tidak hanya itu saja, origami juga melatih kerapihan dan ketelitian anak.

Itulah beberapa manfaat dari seni origami. Origami bukanlah sebuah seni atau hobi belaka, tapi juga media pembelajaran yang baik untuk anak. Oleh karena itu, ajak anak melipat origami yuk, Ma! Mama bisa memulainya dengan bentuk sederhana.

Apalagi, berbagai petunjuk pembuatan origami dapat dengan mudah Mama temukan di internet. Nah, kira-kira bentuk apa yang paling anak Mama sukai nih? Selamat mencoba di rumah!

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : Popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar