5 Manfaat Telur Asin yang Perlu Kamu Ketahui Bagi Kesehatan

Rewriter:Alfatihiyatul FatiEditor: Firman Ghazali A.
5 Manfaat Telur Asin yang Perlu Kamu Ketahui Bagi Kesehatan
5 Manfaat Telur Asin yang Perlu Kamu Ketahui Bagi Kesehatan

PortalMadura.com– Telur asin merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Umumnya, telur asin dibuat melalui proses fermentasi (pengawetan) dengan menggunakan garam yang dalam satu butirnya mengandung sodium yang tinggi yaitu kurang lebih 397 mg.

Selain itu, telur asin memiliki beragam kandungan nutrisi seperti vitamin A, B kompleks, lemak, potasium, protein, mineral, asam amino, vitamin E hingga karbohidrat. Sehingga tidak diragukan lagi bahwa telur asin memilki segudang manfaat bagi kesehatan manusia.

5 Manfaat Telur Asin yang Perlu Kamu Ketahui Bagi Kesehatan

1. Cegah Anemia

Telur asin dapat mencegah anemia atau kurang darah. Hal ini disebabkan terdapat kandungan zat besi yang ada dalam telur asin yang ternyata ampuh mencegah gejala anemia. seseorang yang mengidap anemia bisdanya akan mengalami beberapa gejala seperti pusing, sakit kepala, mudah lelah, hingga mual ketika menjalani aktivitas.

Telur asin juga mempunya kandungan antioksida yang dapat membantu tubuh untuk terlindungi dari radikal bebas.

2. Membuat Mata Sehat

Manfaat telur asin yuang kedua dapat membuat mata sehat. Sebab, telur asin mempunyai kandungan vitamin A dan B yang berfungsi membuat penglihatan mata menjadi sangat baik dan juga jernih. Masalah katarak ataupun masalah lainnya yang terkait dengan pertambahan usia juga bisa teratasi dengan mengonsumsi telur asin.

Namun, perlu diketahui bahwa telur asin tidak perlu dikonsumsi setiap hari dan berlebihan karena mengandung sodium yang kurang baik untuk tubuh.

3. Baik untuk Pertumbuhan Otak

Telur asin juga mempunyai manfaat baik untuk pertumbuhan otak jika dikonsumsi secara benar. Hal itu, karena telur asin mengandung omega 3 yang dapat mencegah kerusakan sel-sel yang ada dalam otak serta membantu pertumbuhannya. Telur asin ini sangat penting dikonsumsi khususnya bagi ibu hamil dan anak yang sedang menginjak usia 1-3 tahun.

4. Membuat Tulang Sehat

Telur asin memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup untuk kepentingan pertumbuhan tulang sekaligus menjaganya. Dengan begitu, anda akan terbebas dari penyakit tulang dalah satunya osteoporosis.

Protein yang ada dalam telur asin juga membuat tulang menjadi lebih kuat dalam menjalani berbagai kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Kaum anak-anak dan juga remaja sangat sangat direkomendasikan sekali untuk mengonsumsi telur asin ini agar mendapatkan kondisi tulang yang kuat serta sehat.

5. Membantu Proses Regenerasi Sel

Kandungan protein tinggi yang terdapat dalam telur asin dapat membantu proses regenarasi sel, hal tersebut termasuk dalam salah satu manfaat lain yang akan didapatkan ketika anda mengonsumsi telur asin.

Regenerasi sel meruipakan proses pergantian jaringan yang rusak. Pada saat berada diusia dewasa, proses regenerasdi sel akan sangat terbatas karena jaringan dan sel sudah terbentuk secara sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.