oleh

5 Penyebab Kulit Kaki Kering dan Pecah-pecah, Apa Saja?

PortalMadura.Com – Menjaga kesehatan kaki di musim kemarau memang penting dilakukan. Sebab, jika tidak diperhatikan beberapa permasalahan mungkin bisa terjadi, seperti telapak kaki yang kering, pecah-pecah, dan mengelupas. Hal ini tentu membuat tidak nyaman saat beraktivitas.

Selain berisiko iritasi, kulit kaki yang kering dan pecah-pecah juga membuat risih. Nah untuk mengetahui bagaimana penanganannya, tentu saja Anda harus tahu dulu apa penyebabnya.

Berikut lima hal yang bisa menjadi penyebab kulit kaki kering dan pecah-pecah:

Kurang Minum
Kurang minum air putih tidak cuma bikin haus. Dehidrasi yang dialami tubuh juga memengaruhi kesehatan kulit. Kurangnya asupan air membuat kulit lebih cepat kering, sehingga lebih mudah mengelupas karena aktivitas harian, termasuk di bagian kaki.

Sandal Jepit
Doyan pakai sandal jepit?. Sebaiknya, hindari jika kulit kaki Anda mudah kering dan pecah-pecah. Pemakaian sandal jepit, terutama saat keluar rumah, membuat kulit kaki terpapar sinar matahari. Kulit jadi mudah terpapar debu dan kotor, sehingga gampang mengelupas.

Eksim
Eksim merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah. Hal ini dikarenakan daerah kulit yang mengalami eksim akan terasa sangat gatal dan rentan digaruk. Kelelahan, tidur terlalu malam, hingga stres disebutkan pakar memengaruhi kemunculan eksim pada kulit.

Infeksi Jamur
Gatal yang terjadi di kaki tidak hanya disebabkan oleh eksim. Gatal-gatal, terutama di sela-sela kaki, juga bisa terjadi karena infeksi jamur. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Infeksi jamur yang tidak ditangani bisa membuat kulit kaki kering, dan akhirnya mengelupas.

Salah Pakai Sepatu
Perhatikan sepatu yang Anda pakai. Memakai sepatu terlalu lama, apalagi jika kaki Anda mudah berkeringat, berisiko membuatnya pecah-pecah. Jika sepatu kekecilan, gesekan yang terjadi pada tumit juga bisa memicu terjadinya lecet yang berujung pada kulit kering. (detik.com/Salimah)


Komentar