oleh

5 Penyebab Rambut Anak Kering dan Kusam yang Wajib Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Rambut dapat menunjukkan kepribadian dan gaya seorang anak. Rambut kering dapat memengaruhi anak laki-laki dan perempuan, tetapi rambut kering bisa berkembang seiring bertambahnya usia.

Rambut kering dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri anak, itu sebabnya sebagai orang tua Anda harus ketahui penyebab rambut kering pada si kecil dan mengatasinya.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Minggu (24/1/2021), berikut penyebab rambut kering dan kusam pada anak yang perlu Anda ketahui:

Penggunaan Alat Penata Rambut Yang Teralalu Panas

Penggunaan alat penata rambut seperti hair straightener, curling iron, dan hair dryer dengan panas yang berlebihan saat menata rambut adalah faktor utama rambut kering dan kusam. Maka dari itu, hindari menggunakan alat penata rambut yang panas setiap hari, karena dapat menghilangkan kelembapan alami rambut.

Jarang Memijat Kepala

Pijat dapat bermanfaat untuk merangsang kulit kepala, meningkatkan sirkulasi darah, dan mendorong produksi sebum. Ini bukan hal yang buruk, karena faktanya pijat kepala sangat penting untuk rambut yang sehat.

Penggunaan Produk Perawatan Rambut yang Salah

Menggunakan produk perawatan rambut yang tidak diformulasikan untuk jenis rambut, dapat menimbulkan permasalahan seperti rambut kering. Saat memilih sampo dan kondisioner, selalu periksa label produk perawatan rambut sebelum membeli. Hindari produk yang mengandung alkohol, yang dapat menghilangkan minyak alami dan kelembapan rambut anak.

Keramas yang Berlebihan

Menjaga kebersihan rambut yang tepat itu penting, tetapi terlalu sering mencuci rambut dapat menghilangkan minyak alaminya. Rambut kering sebaiknya tidak dicuci setiap hari, anak yang memiliki rambut keriting juga bisa lebih rentan mengalami kekeringan, jadi cuci rambut sekali atau dua kali seminggu sudah cukup.

Mencuci Rambut dengan Air yang Terlalu Panas

Mandi air panas setelah hari yang melelahkan bisa membuat tubuh menjadi lebi rileks. Tapi tidak di rambut, terlalu banyak terkena air panas sangat mengeringkan dan harus dihindari.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar