5 Peralatan Dapur yang Jadi Sarang Kuman Meski Terlihat Bersih

Avatar of PortalMadura.com
5 Peralatan Dapur yang Jadi Sarang Kuman Meski Terlihat Bersih
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu benda yang paling kotor di rumah ternyata bukan terdapat di kamar mandi tapi malah yang berada di dapur. Meskipun ruangan dan benda-benda di dapur sering dibersihkan, namun tetap bisa menjadi sarang kuman.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu benda apa saja yang berada di dapur dan menjadi sarang kuman. Karena hal ini akan berkaitan dengan kesehatan keluarga Anda. Barang apa saja?

Berikut daftarnya:

Sponge Cuci Piring
Benda dapur paling kotor posisi nomor satu dipegang oleh sponge atau busa cuci piring. Spons cuci piring disebutkan jadi media alias tempat untuk berkumpulnya begitu banyak kuman, sehingga Anda wajib mengganti spons cuci piring lama di rumah dengan spons yang baru satu hingga dua kali dalam satu pekan.

Sebab, menurut sebuah studi baru, tidak ada cara untuk membersihkannya. Jadi, segera buang saja ke tempat sampah spons cuci piring lama di rumah dan ganti dengan yang baru.

Baca Juga: Sulap Dapur dengan 5 Cara Kreatif Ini Agar Lebih Menarik

Lap Dapur
Nomor dua ada lap atau serbet tangan khusus yang ada di dapur. Salah satu alasannya yaitu mungkin mengganti handuk tangan lebih sering daripada serbet dapur. Idealnya, Anda harus menggunakan serbet atau lap dapur ini berbeda setiap harinya selama dalam seminggu. Lalu di akhir pekan, jangan lupa untuk selalu mencuci lap-lap dapur ini menggunakan air bersuhu tinggi dengan campuran pemutih yang dituangkan langsung pada air atau mesin cuci.

Botol Garam dan Lada
Jujur, seberapa sering sih orang-orang mencuci tempat atau botol garam dan lada? Padahal, tahukah Anda bahwasanya salt and pepper shakers ini masuk menjadi beberapa benda paling kotor di dapur karena benda-benda itu menjadi yang paling banyak disentuh di dapur.

Sebelum mengisinya lagi, masukkan ke dalam mesin cuci piring atau cuci dengan air bersuhu tinggi, di mana suhu air panas yang dipakai harus mencapai suhu 140 derajat Fahrenheit agar dapat botol bisa steril. Selain itu, di sela-sela mencuci, jangan lupa bersihkan bagian luarnya dengan tisu anti bakteri.

Gagang Pintu
Selain botol garam dan lada, kitchen handles atau dengan kata lain pegangan pintu barang-barang di dapur merupakan salah satu yang paling sering dipegang. Pintu kulkas, pintu lemari atau laci kitchen set, pintu mesin cuci piring, dan sebagainya.
Mudahnya, saat memasak sembari menunggu masakan matang, bersihkan gagang pintu barang-barang di dapur dengan tisu anti-bakteri. dengan tisu desinfektan. Jangan lupa siapkan pembersih dan gunakan seminggu sekali untuk membersihkan semua gagang pintu di dapur.

Talenan
Jika tidak dijaga kebersihannya, kontaminasi bakteri bisa terjadi melalui talenan loh! Tidak cuci tangan dan juga tidak mencuci langsung talenna yang dipakai setelah memotong ayam atau daging lainnya, Anda berisiko mencemari makanan apa pun yang menyentuh permukaan itu.

Mengingat kayu memiliki permukaan yang sulit dibersihkan, sedangkan paparan suhu panas tinggi dan pemutih dapat merusak papan talenan, disarankan lebih baik menggunakan talenan kayu hanya untuk memotong sayuran. Sedangkan untuk memotong daging-dagingan, gunakan talenan bermaterial bahan plastik. Untuk membersihkan talenan plastik, masukkan saja ke dalam mesin cuci piring, sementara untuk talenan kayu bisa memakai pembersih amonium kuaterner.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.