5 Sunah Berbuka Puasa yang Dicontohkan Rasulullah

Avatar of PortalMadura.com
5 Sunah Berbuka Puasa yang Dicontohkan Rasulullah
Ilustrasi (Tribunnews)

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan menjadi bulan penuh ampunan, maghfirah, dan bertabur pahala jika melakukan kebaikan. Berpuasa menjadi identitas bulan suci ini. Salah satu amalan sunah yang yang bisa dilakukan saat berpuasa yaitu berbuka puasa.

Waktu berbuka menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim yang berpuasa. Ada beberapa sunah berbuka yang dicontohkan Rasulullah SAW yang patut umat Islam lakukan. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut penjelasannya:

Menyegerakan Untuk Berbuka

Salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Sahl bin Sa’ad, bahwa Nabi Muhammad bersabda: “Orang akan selalu baik (sehat) jika ia menyegerakan berbuka.” (H.R.Bukhari no. 1957 dan Muslim no. 1098)

Selain anjuran dalam agama, menyegerakan berbuka puasa juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, Dr. Johanes Casay Candrawinata, MND, SpGK, spesialis gizi dari Melinda Hospital, Bandung, berkata bahwa menunda buka puasa akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan bagi tubuh.

Membaca Doa Berbuka Puasa

Selanjutnya, amalan sunah lainnya yang Rasulullah anjurkan ialah membaca doa berbuka puasa. Berikut adalah hadis yang menjelaskan tentang doa berbuka puasa.

Dari Mu’adz bin Zuhrah, sesungguhnya telah sampai riwayat kepadanya bahwa sesungguhnya jika Rasulullah berbuka puasa, beliau membaca (doa): ‘Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu-ed’ (Ya Allah untukMu aku berpuasa dan dengan rezekiMu aku berbuka)

Selain doa di atas, ada juga doa lain yang dapat digunakan sebelum membatalkan puasa. Dikutip dari buku Tuntunan Puasa Menurut Al-quran dan Sunah oleh Alik al Adhim (2019:2), berikut ini adalah doa buka puasa sesuai sunah yang dapat diamalkan: “Dzahabaz zhama’u wabtallatil uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah”
Artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah dan pahala telah ditetapkan, Insya Allah.

Memperbanyak Doa di Waktu Berbuka

Waktu menjelang berbuka puasa merupakan salah satu waktu terbaik untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: “Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak. Pertama, pemimpin yang adil, Kedua, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, Ketiga, doa orang yang terzalimi. (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

Tidak Berlebihan Ketika Berbuka Puasa

Segala hal yang berlebihan tidaklah baik. Di dalam Al-quran juga sudah diterangkan dalil mengenai larangan untuk tidak makan terlalu kenyang, yakni dalam Surah Al-A’raf: 31, “Makan dan minumlah, tetapi janganlah berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

Memberi Makan untuk Orang yang Berbuka Puasa

Seperti yang sudah dijanjikan oleh Allah, bersedekah di bulan suci Ramadan merupakan salah satu amalan utama yang dianjurkan. Terlebih, jika sedekah itu kita berikan kepada orang yang sedang berpuasa.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Barang siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, hasan shahih)

Itulah beberapa sunah Rasulullah SAW ketika hendak berbuka puasa. Sebagai umat muslim, sudah sepatutnya kita untuk mengikuti sunah Rasulullah agar selalu mendapatkan syafaat di kehidupan dunia ini serta di akhirat kelak.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.