oleh

8 Manfaat Konsumsi Air Madu bagi Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Sejak ribuan tahun silam madu dipercaya sebagai bahan alami penjaga kesehatan. Rasanya manis legit dengan kandungan nutrisi lengkap. Siapa yang tidak suka dengan madu? Cairan yang dihasilkan lebah madu ini rasanya manis. Enak dinikmati begitu saja atau dipadukan dengan smoothies, jus buah atau pancake, wafel dan roti panggang. Bahkan madu sudah jadi ikon sarapan sehat.

Sejumlah manfaat bisa diperoleh dari konsumsi madu ini. Walau memiliki rasa manis, madu tetap rendah kalori serta tidak dapat meningkatkan zat gula darah secepat gula biasa. Oleh karena itu, rasa manis dari madu juga bisa tetap berbuah manis pada tubuh. Selain dikonsumsi secara langsung, madu juga biasa dicampurkan ke dalam air hangat sebagai minuman sehat.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Cara konsumsi seperti ini sangat mudah dilakukan dan tentunya tetap sehat. Konsumsi air madu ini terutama secara rutin bisa berdampak sangat baik pada tubuh.

Manfaat Konsumsi Air Madu

Dilansir oleh merdeka.com dikutip dari laman boldsky.com, berikut ini sejumlah manfaat yang dinikmati tubuh ketika rajin minum air madu.

Mempercepat Pemulihan Tubuh dan Mencegah Penyakit

Konsumsi air madu secara rutin mampu mempercepat pemulihan tubuh yang baru sakit. Selain itu, madu bisa menjadi obat yang sangat baik untuk mengobati sakit tenggorokan, batuk, dan masalah pernapasan lainnya.

Membantu Kesehatan Kulit

Madu memiliki kandungan anti bakteri yang kaya dan membantu untuk mencegah infeksi kulit. Selain itu, madu juga memiliki zat anti oksidan yang membuat kulit tetap sehat.

Mencegah Diabetes

Walau memiliki rasa yang manis, tapi madu tidak terlalu berbahaya bagi penderita diabetes. Pasalnya, konsumsi air madu akan membantu tubuh untuk mengatur kadar gula darah.

Mencegah Konsumsi Makanan Tak Sehat

Rasa manis dari madu sangat ideal untuk mengekang keinginan konsumsi makanan manis yang tak sehat. Hal ini bisa mencegah risiko munculnya sejumlah masalah kesehatan pada Anda.

Kaya Antiosidan

Madu memiliki kandungan antioksidan yang kaya di dalamnya. Hal ini menjadikan madu bisa sangat efektif dalam mencegah sejumlah masalah kesehatan serta menjaga organ tubuh seperti jantung.

Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Minum air madu mampu membantu mengeluarkan berbagai macam racun dalam tubuh. Selain itu, konsumsi minuman ini juga mampu meningkatkan energi sehingga sangat tepat untuk diminum di pagi hari.

Meningkatkan Kondisi Pencernaan

Air madu bisa jadi ramuan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini terjadi dengan cara menyingkirkan gas yang menyebabkan perut kembung.

Mencegah Bau Mulut

Konsumsi madu di pagi hari juga bisa menjadi cara untuk mencegah munculnya bau mulut. Anda bisa memperoleh manfaat ini dengan cara mencampurkan madu pada air lemon.

Sejumlah manfaat dari madu tersebut bakal lebih maksimal ketika dicampur dengan air hangat. Mengingat beragamnya manfaat, sebaiknya madu jadi pilihan untuk Anda konsumsi setiap hari.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar