5 Tips Saat Keramas agar Rambut Tidak Berketombe

  • Bagikan
016661300 1513596209
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mencuci rambut menjadi sebuah ritual wajib bagi setiap wanita yang selalu rutin dilakukan setiap minggu. Ketika keramas, tentu Anda menginginkan rambut sehat tanpa permasalah seperti rontok atau ketombe. Tapi pernahkah Anda mengalami ketombe dan rambut rontok, setelah keramas.

Padahal sudah menggunakan sampo secara tepat sesuai kebutuhan. Jika setelah keramas justru terjadi masalah pada rambut, bisa jadi Anda melakukan kesalahan dalam teknik keramas. Terkadang orang menyalahkan sampo. Padahal kesalahan tersebut terjadi karena teknik menggunakan sampo yang salah.

Tips Keramas agar Rambut Tidak Berketombe

Masih banyak orang yang tidak mengerti akan hal tersebut. Berikut ini ada beberapa tips agar melakukan teknik menggunakan sampo dengan benar.

Pastikan kondisi rambut dan kulit kepala basah saat keramas
Jangan sampai masih kering lalu diusap dengan sampo, apalagi nanti bilasnya kurang bersih. Bisa malah bikin rambut rusak karena bahan aktif tertinggal. Dan usahakan bilas hingga bersih sampai busa halus yang menempel di rambut, benar-benar hilang. Sebab, busa yang tertinggal dapat membuat kulit kepala gatal.

Lakukan pemijatan
Setelah mengusap sampo ke kepala, usahakan sambil memijat kulit kepala sekira 3-5 menit. Biasanya arahnya ke belakang, dari kulit kepala ke bagian rambut. Cara ini fungsinya dapat menenangkan kondisi kulit kepalamu.

Takaran sampo
Sampo yang akan dipakai tergantung tingkat ketebalan rambut. Kalau rambut normal, cukup tuang sampo di bagian telapak tangan secukupnya. Usapkan sampai merata dan tidak terlalu berlebihan.

Keringkan dengan benar
Setelah dibilas, pastikan rambut benar-benar mengering. Pakailah handuk yang halus dengan menggosok rambut secara perlahan.

Keramas dua kali sehari dan gunakan conditioner
Disarankan untuk keramas dua kali sehari untuk wanita dan sehari sekali untuk pria. Pilih juga sampo yang aman, tidak mengandung silikon dan deterjen berlebihan.

Setelah keramas gunakan kondisioner agar rambut lebih sehat. Caranya aplikasikan di batang rambut agar rambut tumbuh normal. Tekniknya, usaplah bagian batang rambut ke bawah. Jangan digosok-gosok ke kepala agar tidak memicu kulit kepala berminyak.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.